Destination Branding Strategy Dalam Membangun Desa Wisata Sebagai Upaya Pemulihan Sektor Pariwisata
Abstract
Desa Pakijangan merupakan 1 dari 15 desa yang berada di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Desa Pakijangan menunjukan beberapa potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan untuk membangun desa wisata. Kajian mengenai pembangunan dan branding desa wisata merupakan salah satu alternatif pemulihan sektor pariwisata Indonesia setelah pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukenali potensi daya tarik wisata, menganalisis pemenuhan kriteria desa wisata, serta merancang destination branding strategy dalam membangun Desa Pakijangan sebagai desa wisata. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, kemudian digunakan matriks SOAR untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga potensi daya tarik wisata di Desa Pakijangan, yaitu: potensi alam, budaya, dan minat khusus, serta terklasifikasi sebagai desa wisata rintisan berdasarkan hasil penjabaran pemenuhan kriteria. Terakhir, berdasarkan pada hasil analisis dan didukung oleh validasi pakar, destination branding strategy bermuara pada tiga tahapan utama, yaitu: preparation, execution, dan maintenance.
Collections
- UT - Business [418]