Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114304
Title: Sikap dan Preferensi Konsumen terhadap Beras Putih Berlabel
Authors: Suprehatin, Suprehatin
Harahap, Syahfitri
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Beras berlabel merupakan salah satu bentuk pengembangan pasar beras yang dilakukan oleh pelaku usaha dan pemasar untuk memenuhi permintaan konsumen yang beragam. Saat ini, konsumen tidak hanya memperhatikan harga sebagai atribut utama dalam membeli beras, melainkan juga atribut yang berkaitan dengan produk secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini, yaitu menganalisis tahapan proses pengambilan keputusan pembelian, sikap konsumen, dan menganalisis atribut beras putih berlabel yang menjadi preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan data primer dari survei daring kepada 167 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis multiatribut Fishbein, dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen melalui lima tahap dalam pengambilan keputusan pembelian beras putih berlabel, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pasca pembelian. Hasil analisis multiatribut Fishbein menunjukkan bahwa kode produksi dan tanggal kadaluarsa merupakan atribut utama berkaitan dengan sikap konsumen dalam pembelian beras putih berlabel.. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa kombinasi atribut yang menjadi preferensi konsumen yaitu beras dengan atribut kode produksi dan tanggal kadaluarsa, harga sekitar Rp20.000,00-Rp40.000.00, sertifikasi halal, berukuran 2 kg, dan memiliki informasi varietas beras.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114304
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover3.05 MBAdobe PDFView/Open
Syahfitri Harahap_H34180025.pdf
  Restricted Access
Fullteks13.98 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran873.68 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.