Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114121
Title: Uji Usabilitas dan Pengalaman Pengguna Web Mahutanya.com dengan Structured Usability Testing dan User Experience Questionnaire
Other Titles: Analysis on Usability and User Experience Using Structured Usability Testing and User Experience Questionnaire on Mahutanya.com.
Authors: Asfarian, Auzi
Siatono, Levina
Issue Date: 26-Aug-2022
Publisher: IPB University
Abstract: Web mahutanya.com adalah solusi dari masalah terbatasnya ruang untuk bertukar informasi mengenai perguruan tinggi bagi murid SMA. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur usabilitas dan pengalaman pengguna dari web mahutanya.com dalam membantu murid SMA memilih perguruan tinggi. Responden penelitian diperoleh secara sukarela dan seluruhnya merupakan murid kelas XII di SMA Negeri 1 Pangandaran. Usabilitas diuji menggunakan structured usability testing melalui skenario pengambilan keputusan untuk memilih perguruan tinggi melalui platform Maze. Metode ini menghasilkan usability score sebesar 84 dari 100, artinya web memiliki nilai usabilitas yang baik. Pengalaman pengguna diukur menggunakan UEQ+ dengan rentang pengukuran dari -3 hingga 3. Perolehan means dari skala attractiveness, efficiency, perspicuity, stimulation, dan intuitive use adalah 2.61, 2.74, 2.70, 2.70, dan 2.77 berturut-turut, yang artinya web memiliki kualitas pengalaman pengguna yang baik. Meski demikian, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan untuk lebih memaksimalkan penggunaan web mahutanya.com.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114121
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover-Daftar Isi2.62 MBAdobe PDFView/Open
Levina Siatono_G64180019.pdf
  Restricted Access
Fullteks8.02 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran13.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.