Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112823
Title: Efisiensi Pemasaran dan Faktor yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran Udang Vaname di Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur
Other Titles: Marketing Efficiency and Factors Affecting Marketing Channel Choice Decisions of Vaname Shrimp Farmers in Bangkalan Regency, East Java
Authors: Nurmalina, Rita
Muflikh, Yanti Nuraeni
Rizka, Reza Aunur
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan saluran pemasaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Responden dalam penelitian ini yaitu 106 petambak udang vaname yang tersebar di lima kecamatan. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat dua pola saluran pemasaran udang vaname yakni: (1) petambak - pedagang pengumpul luar kabupaten - pabrik (2) petambak - pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengecer – konsumen. Apabila ditinjau dari nilai indikator efisiensi operasionalnya, saluran pemasaran yang paling efisien adalah pada saluran pertama dengan margin paling rendah 6 persen, farmer’s share terbesar 90 persen dan rasio keuntungan terhadap biaya yang merata pada tiap lembaga yang berperan dalam aktivitas pemasaran. Dari tujuh faktor yang diduga memengaruhi pilihan saluran pemasaran udang vaname diketahui variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pilihan saluran pemasaran adalah luas lahan dan harga jual udang vaname.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112823
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pengesahan,Prakata,Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover615.7 kBAdobe PDFView/Open
H34180063_Reza Aunur Rizka.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.02 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran341.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.