Efisiensi Pemasaran dan Faktor yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran Udang Vaname di Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur
Date
2022Author
Rizka, Reza Aunur
Nurmalina, Rita
Muflikh, Yanti Nuraeni
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan saluran pemasaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Responden dalam penelitian ini yaitu 106 petambak udang vaname yang tersebar di lima kecamatan. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat dua pola saluran pemasaran udang vaname yakni: (1) petambak - pedagang pengumpul luar kabupaten - pabrik (2) petambak - pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengecer – konsumen. Apabila ditinjau dari nilai indikator efisiensi operasionalnya, saluran pemasaran yang paling efisien adalah pada saluran pertama dengan margin paling rendah 6 persen, farmer’s share terbesar 90 persen dan rasio keuntungan terhadap biaya yang merata pada tiap lembaga yang berperan dalam aktivitas pemasaran. Dari tujuh faktor yang diduga memengaruhi pilihan saluran pemasaran udang vaname diketahui variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pilihan saluran pemasaran adalah luas lahan dan harga jual udang vaname.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]