Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112687
Title: Pengaruh Media Tanam dan Panjang Keratan pada Keberhasilan Cangkok Batang Jeruk Pamelo (Citrus maxima (Burm) Merr.)
Other Titles: The Effect of Planting Media and Strip Bark (Phloem) to Growth of the Air Layering Branches Pomelo (Citrus maxima (Burm) Merr.)
Authors: Susanto, Slamet
Matra, Deden Derajat
Widyaswara, Muhammad Heraldi Garda
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Jeruk pamelo (Citrus maxima (Burm) Merr.) merupakan buah yang banyak dibudidayakan di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Perbanyakan jeruk pamelo lebih efektif dilakukan secara vegetatif karena memiliki keunggulan pada sifat anakan yang serupa dengan induknya. Cangkok merupakan salah satu cara perbanyakan vegetatif yang paling banyak digunakan karena memiliki keberhasilan yang tinggi pada tanaman berkayu. Penelitian cangkok jeruk pamelo dilakukan di Kebun Percobaan Cikabayan, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor pada bulan April hingga November 2021. Percobaan dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal kombinasi sembilan perlakuan. Kombinasi perlakuan yang digunakan adalah jenis media tanam yang digunakan untuk pencangkokan, yaitu tanah + pupuk kandang, arang sekam + serbuk sabut kelapa (cocopeat), dan sphagnum moss serta panjang keratan pada batang yang akan dicangkok, yaitu 3 cm, 6 cm, dan 9 cm. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan media tanam dan panjang keratan berpengaruh sangat nyata terhadap persentase keberhasilan cangkok, panjang akar, dan jumlah akar. Percobaan menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan media tanam arang sekam + cocopeat dan panjang keratan 3 cm merupakan kombinasi dengan persentase keberhasilan cangkok paling tinggi dan memiliki rata-rata jumlah akar paling banyak dibandingkan kombinasi perlakuan lainnya, sedangkan kombinasi perlakuan media tanam sphagnum moss dan panjang keratan 6 cm menghasilkan cangkok dengan rata-rata panjang akar paling tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112687
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Muhammad Heraldi Garda Widyaswara_A24150167.pdf
  Restricted Access
Cover596.27 kBAdobe PDFView/Open
Full Text_Muhammad Heraldi Garda Widyaswara_A24150167.pdf
  Restricted Access
Fullteks879.67 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Muhammad Heraldi Garda Widyaswara_A24150167.pdf
  Restricted Access
Lampiran241.54 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.