Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111861
Title: Analisis Dampak Program Relokasi terhadap Masyarakat Sempadan Sungai Ciliwung di Jakarta Timur (Studi Kasus : Kelurahan Kampung Melayu)
Other Titles: Analysis Of The Impact Of Relocation Program On The Ciliwung River Frontier Communities In East Jakarta (Case Study Of Kampung Melayu)
Authors: Syaukat, Yusman
Nurdiana, Reza
Nurdiana, Reza
Issue Date: 27-May-2022
Publisher: IPB University
Abstract: Program relokasi permukiman Kelurahan Kampung Melayu dilaksanakan pada tahun 2015, dibawah pimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Relokasi permukiman ini dilakukan untuk mendukung program normalisasi Sungai Ciliwung sebagai upaya penanggulangan banjir. Sebagian masyarakat Kampung Melayu, tepatnya pada kawasan permukiman Kampung Pulo dipindahkan ke Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Jatinegara Barat. Berbeda dari beberapa kasus relokasi, letak rusunawa sebagai permukiman pengganti berada dalam wilayah yang sama dengan lokasi permukiman sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat yang direlokasi dan masyarakat sekitar DAS Ciliwung yang tidak direlokasi mengenai dampak program relokasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program relokasi berpengaruh signifikan (p<0.005) pada aspek sosial serta indikator pola membuang sampah, kualitas air, dan kemudahan mendapatkan penghasilan tambahan bagi masyarakat yang direlokasi. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak dipindahkan, program relokasi berpengaruh pada indikator pola membuang sampah dan rasa aman. Perbedaan kesejahteraan masyarakat pra dan pasca relokasi dihitung berdasarkan hasil skoring indikator kesejahteraan dan divalidasi dengan uji tanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan bobot kesejahteraan sebesar 0,39 bagi masyarakat terdampak langsung dan kenaikan bobot kesejahteraan 0,11 bagi masyarakat sekitar. Hasil penelitian dapat menjadi evaluasi untuk kelanjutan program relokasi pada wilayah permukiman yang belum dinormalisasi di Kampung Melayu.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111861
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover313.87 kBAdobe PDFView/Open
Skripsi Reza Nurdiana H44150071.pdf
  Restricted Access
Fullteks899.21 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran885.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.