Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111392
Title: | Efektivitas Media Komunikasi Pemasaran Ekowisata Air Terjun Way Kalam, Kabupaten Lampung Selatan |
Authors: | Riyanto, Sutisna Nuriya.H.D |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | IPB University |
Abstract: | Air Terjun Way Kalam merupakan salah satu objek wisata yang saat ini sedang
mengembangkan potensi dan keunggulannya. Air Terjun Way Kalam telah
melakukan promosi melalui media komunikasi pemasaran, seperti media internet,
media massa, dan media Word of Mouth. Pemasaran yang dilakukan ini bertujuan
agar pengelola bisa menyampaikan informasi kepada khalayak secara tepat
sasaran. Indikator yang digunakan untuk mengetahui efektivitas media komunikasi
pemasaran yaitu menggunakan tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Tujuan dari
penelitian ini untuk menganalisis efektivitas media komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Air Terjun Way Kalam. Metode yang digunakan pada penelitian ini
yaitu metode survei untuk memperoleh data kuantitatif dan wawancara mendalam
untuk memperoleh data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Air Terjun
Way Kalam belum efektif dalam melakukan pemasaran melalui media komunikasi
pemasaran yang digunakannya. Air Terjun Way Kalam perlu meningkatkan aktivitas
promosinya di berbagai media sosial yang telah digunakan maupun secara langsung
dan perlu meningkatkan pelayanan terkait fasilitas di tempat wisata. Way Kalam Waterfall is one of the tourist attraction currently developing its potential and advantages. Way Kalam Waterfall has carried out promotions through marketing communication media, such as internet media, mass media, and media Word of Mouth. This marketing is done so that managers can convey information to the right target audience.The indicators used to determine the effectiveness of marketing communication media are using cognitive, affective, and conative levels. The study aims to analyze the effectiveness of marketing communication media conducted by Way Kalam Waterfall. The method used in this study is a survey method to obtain quantitative data and in-depth interviews to obtain qualitative data. This study indicate that Way Kalam Waterfall has not been effective in marketing through its marketing communication media. Way Kalam Waterfall needs to increase its promotional activities on various social media that have been used or directly and need to improve services related to facilities at tourist attractions. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111392 |
Appears in Collections: | UT - Communication and Community Development |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf Restricted Access | Cover | 4.73 MB | Adobe PDF | View/Open |
I34170016_Nuriya.H.D.pdf Restricted Access | Fullteks | 2.09 MB | Adobe PDF | View/Open |
Lampiran.pdf Restricted Access | Lampiran | 1.61 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.