Efektivitas Media Komunikasi Pemasaran Ekowisata Air Terjun Way Kalam, Kabupaten Lampung Selatan
Abstract
Air Terjun Way Kalam merupakan salah satu objek wisata yang saat ini sedang
mengembangkan potensi dan keunggulannya. Air Terjun Way Kalam telah
melakukan promosi melalui media komunikasi pemasaran, seperti media internet,
media massa, dan media Word of Mouth. Pemasaran yang dilakukan ini bertujuan
agar pengelola bisa menyampaikan informasi kepada khalayak secara tepat
sasaran. Indikator yang digunakan untuk mengetahui efektivitas media komunikasi
pemasaran yaitu menggunakan tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Tujuan dari
penelitian ini untuk menganalisis efektivitas media komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Air Terjun Way Kalam. Metode yang digunakan pada penelitian ini
yaitu metode survei untuk memperoleh data kuantitatif dan wawancara mendalam
untuk memperoleh data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Air Terjun
Way Kalam belum efektif dalam melakukan pemasaran melalui media komunikasi
pemasaran yang digunakannya. Air Terjun Way Kalam perlu meningkatkan aktivitas
promosinya di berbagai media sosial yang telah digunakan maupun secara langsung
dan perlu meningkatkan pelayanan terkait fasilitas di tempat wisata. Way Kalam Waterfall is one of the tourist attraction currently developing its
potential and advantages. Way Kalam Waterfall has carried out promotions
through marketing communication media, such as internet media, mass media,
and media Word of Mouth. This marketing is done so that managers can convey
information to the right target audience.The indicators used to determine the
effectiveness of marketing communication media are using cognitive, affective,
and conative levels. The study aims to analyze the effectiveness of marketing
communication media conducted by Way Kalam Waterfall. The method used in
this study is a survey method to obtain quantitative data and in-depth interviews
to obtain qualitative data. This study indicate that Way Kalam Waterfall has not
been effective in marketing through its marketing communication media. Way
Kalam Waterfall needs to increase its promotional activities on various social
media that have been used or directly and need to improve services related to
facilities at tourist attractions.