Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111294
Title: Inventarisasi Ektosimbion pada Rajungan Portunus pelagicus (Linnaeus, 1758) dari Kalimantan Barat, Lampung Timur, dan Jawa Tengah.
Ectosymbiont Inventory on Blue Swimming Crab Portunus pelagicus (Linnaeus, 1758) from West Kalimantan, East Lampung, and Central Java
Authors: Wardiatno, Yusli
Zairion
Saraswati, Niken
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Kelestarian suatu sumberdaya di alam tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat pemanfaatan, namun dipengaruhi pula oleh faktor kesehatan sumberdaya. Hal ini dapat disebabkan oleh interaksi suatu makhluk hidup dengan makhluk hidup lain. Infeksi simbion khususnya parasit dapat menyebabkan perubahan pada jaringan organ tubuh pada inang secara umum. Rajungan sangat rentan akan serangan penyakit yang disebabkan oleh parasit. Penelitian ini bertujuan menginventarisasi jenis simbion yang terdapat pada rajungan Portunus pelagicus (Linnaeus, 1758) dari Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 711 (Kalimantan Barat) dan 712 (Lampung Timur dan Jawa Tengah). Penelitian menggunakan metode pengambilan contoh acak sederhana, sampel rajungan diambil dari hasil tangkapan nelayan di sekitar perairan pada wilayah tersebut sebanyak 100 ekor dan dianalisis dengan metode visual inspection. Jenis parasit yang ditemukan berasal dari Chelonibia patula, Octolasmis angulata, O. warwickii, O. tridens, O. neptuni, O. loweii, Thompsonia sp., dan Ostrea puelchana. Prevalensi, intensitas, dan dominansi dari berbagai jenis parasit pada ketiga lokasi menunjukkan hasil yang berbeda akibat perbedaan karakteristik lingkungan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111294
Appears in Collections:UT - Aquatic Resources Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover777.71 kBAdobe PDFView/Open
Niken Saraswati.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.38 MBAdobe PDFView/Open
Lamporan.pdf
  Restricted Access
Lampiran484.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.