Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109954
Title: Preferensi Berdasarkan Respon Emosi Konsumen terhadap Profil Fisiko-Sensori Empat Varietas Unggul Mangga di Indonesia
Authors: Wijaya, Christofora Hanny
Nurtama, Budi
Fitriyah, Rizqi Sofi Nur
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia merupakan negara produsen mangga terbesar keempat di dunia. Pengembangan varietas mangga di Indonesia akhir-akhir ini memunculkan berbagai varietas unggul baru untuk dikomersialkan. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh tingkat preferensi 4 varietas unggul mangga di Indonesia berdasarkan pada pendekatan respon emosi yang diharapkan dapat memperoleh varietas unggul mangga yang diminati konsumen. Penelitian dilakukan terhadap empat jenis varietas mangga unggul meliputi: agri gardina 45 (AG), garifta merah (GM), garifta oranye (GO) dan gadung 21 (GD) sebagai pembanding. Metode pengujian preferensi menggunakan skala hedonik 1-9 dan pengujian respon emosi berdasarkan daftar istilah emosi “EsSense 25”. Pengujian sensori deskriptif menggunakan 6 atribut utama yaitu rasa, aroma, tekstur, warna, kenampakan dan aftertaste. Kedua pengujian yaitu respon emosi dan sensori deskriptif tersebut dikombinasikan dengan pengujian RATA (Rate-All-That-Apply) pada skala 1-5 poin. Pengujian profil fisik buah menggunakan kromameter (CR Minolta 310, USA) dan texture analyzer (TA-XT2i) Stable Micro System. Hasil penelitian menunjukkan adanya 2 kelompok preferensi yaitu kelompok varietas yang disukai (GD dan GO) serta kelompok varietas yang agak disukai (GM dan AG). Empat dari 25 respon emosi membedakan varietas secara signifikan, yaitu senang, gembira, puas, dan jijik. GD, GO dan GM memiliki respon emosi yang cenderung positif, sementara AG memiliki respon yang cenderung negatif. Varietas GO juga berasosiasi dengan enam respon emosi yang berkorelasi positif kuat dengan kesukaan, yaitu respon gembira, senang, puas, tertarik, aman, dan bebas. Kombinasi nilai kesukaan dan preferensi memberikan informasi prediksi pilihan yang lebih baik. Profil sensori varietas yang disukai (GD dan GO) memiliki rasa yang manis dengan aroma khas mangga yang kuat, serta aroma yang fruity dan sweet. Profil teksturnya cukup keras dan kenyal serta daging buahnya berwarna jingga hingga jingga kemerahan. Pada varietas yang agak disukai yaitu GM memiliki rasa yang asam serta aroma green dan acidic sehingga kurang disukai. Varietas AG memiliki profil tesktur yang sangat lunak, cukup licin dan berair dengan daging buah berwarna kuning yang menyebabkan kenampakan dan visualnya kurang menarik sehingga kurang disukai panelis. Kondisi sensorik pada keempat varietas tersebut dapat membentuk persepsi serta memicu respon emosi yang positif dan negatif. Pengujian profil fisik selaras dengan profil sensori untuk atribut warna dan tekstur. Warna daging buah lebih berperan dalam menentukan preferensi daripada warna kulit buah sedangkan tekstur buah potong dan buah utuh yang keras dan kokoh lebih disukai. Hasil penelitian menunjukkan GO memiliki potensi yang sama dengan GD berdasarkan respon emosi serta profil fisiko-sensorinya. GO sebagai salah satu kultivar yang baru dikenali dapat direkomendasikan sebagai varietas yang dikomersialkan secara luas. Kata kunci: Mangga unggul, Profil Sensori, RATA, Respon Emosi
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109954
Appears in Collections:MT - Agriculture Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover826.73 kBAdobe PDFView/Open
F251180391_RIZQI SOFI NUR FITRIYAH.pdf
  Restricted Access
Isi1.44 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.68 MBAdobe PDFView/Open
Watermark - TESIS - (F251180391) RIZQI SOFI NUR FITRIYAH.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.