Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107144
Title: Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Kasus: Wisata Alam Curug Cigamea, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor)
Other Titles: Economic Benefits for Society and Strategies for Developing Sustainable Tourism (Case study: Cigamea Waterfall, Mount Halimun Salak National Park, Bogor District)
Authors: Ismail, Ahyar
Tampubolon, Bahroin Idris
Utami, Yustika Elia
Issue Date: Jul-2020
Publisher: IPB University
Abstract: Curug Cigamea merupakan objek wisata yang memiliki jumlah kunjungan terbanyak di kawasan II Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), sehingga berpotensi untuk dikembangkan. Dengan semakin berkembangnya pariwisata Curug Cigamea akan meningkatkan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Apabila pengelolaan wisatanya tidak sesuai, akan menimbulkan berbagai permasalahan yang akan mengancam keberlanjutan wisata yang akan berimplikasi pada kegaiatan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi persepsi multipihak terhadap kondisi wisata Curug Cigamea terkait pengelolaan pada aspek lingkungan, ekonomi, sosial, dan kelembagaan; (2) Mengestimasi manfaat ekonomi dari kegiatan wisata Curug Cigamea, dan (3) Merumuskan strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan pada Curug Cigamea. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan dan kontribusi pendapatan rumahtangga, dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Masih terdapat hal yang perlu menjadi perhatian bagi pihak pengelola, yaitu aksesibilitas di dalam objek wisata, kebersihan lingkungan, penataan wisata, keamanan pengunjung, dan beberapa fasilitas wisata; (2) Kegiatan wisata di Curug Cigamea memberikan manfaat ekonomi yang cukup tinggi, yaitu kontribusi terhadap total penghasilan rumahtangga sebesar 49,83% dan kontribusi terhadap pemenuhan pengeluaran rumahtangga sebesar 92,84%; (3) Berdasarkan penilaian key person, kriteria yang menjadi prioritas utama adalah kriteria kelembagaan, sejalan dengan alternatif yang menjadi prioritas utama adalah penguatan sistem kelembagaan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107144
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover513.85 kBAdobe PDFView/Open
H44160013_Yustika Elia Utami.pdf
  Restricted Access
Fullteks3.92 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran530.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.