Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107016
Title: Perancangan Model dan Strategi Transformasi Kelembagaan Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Berbasis Sumber Daya
Other Titles: Designing a Model and Strategy of Institutional Transformation of the Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Based on its Resources.
Authors: Hubeis, Musa
Suprayitno, Gendut
Jati, Sumunar
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Industri halal menunjukkan pertumbuhan pasar yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir di tingkat global dan nasional. Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas muslim (87,2%) sehingga pengaturan produksi dan distribusi produk halalnya ditangani oleh pemerintah. Hadirnya Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UUJPH) nomor 33 tahun 2014 dan mulai diberlakukan pada 17 Oktober 2019 menjadi tonggak baru dalam kegiatan jaminan produk halal di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model dan strategi transformasi Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) berbasis sumberdayanya agar fungsi dan perannya tetap berkelanjutan di era regulasi baru (UUJPH) dan tumbuhnya ekosistem halal di era ekonomi digital. Model Weisbord digunakan untuk mendiagnosa kesiapan keberlanjutan organisasi terhadap perubahan regulasi, analisis resource based view digunakan untuk menggali keunggulan sumberdaya internal sebagai modal dasar lembaga memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan, perancangan model konseptual lembaga menggunakan pendekatan Soft System Methodology (SSM) dan perumusan strategi transformasi menggunakan model Intepretive Structural Modelling (ISM). Data diambil melalui studi Pustaka, penyebaran angket, Focus Grup Discussion, terlibat dalam proses dan wawancara mendalam (indept interview) dengan Pemerintah, MUI, LPPOM MUI, pelaku usaha dan masyarakat peduli halal. Fokus penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan tentang para aktor, perilakunya, hubungan dan pengaruhnya terhadap proses transformasi LPPOM dan pengembangan strategi corporate dan operasional. Hasil penelitian menunjukkan LPPOM MUI memiliki sumber daya internal berupa big data halal, halal expertise dan terakreditasi sebagai Lembaga Sertifikasi Halal di ESMA (UEA). Transformasi kelembagaan dari kelembagaan sosial keagamaan menjadi kelembagaan ekonomi berbasis sumber daya LPPOM MUI merupakan sebuah keniscayaan dalam upaya mewujudkan keberlanjutan peran dan fungsinya. Penerapan sistem meritokrasi di kelembagaan baru LPPOM MUI dapat menjadi kunci sukses keberlanjutannya. Komitmen dan konsolidasi manajemen MUI dan LPPOM MUI menjadi kunci keberhasilan transformasi menuju lembaga yang memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan. .
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107016
Appears in Collections:MT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover3.05 MBAdobe PDFView/Open
Sumunar Jati.pdf
  Restricted Access
Fullteks16.82 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran6.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.