Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106355
Title: Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Pendidikan Kabupaten Lebak Provinsi Banten
Authors: Falatehan, A Faroby
Fariyanti, Anna
Ridwan, Muhamad
Issue Date: 30-May-2021
Publisher: IPB University
Citation: JMA Volume 9 Nomor 1 Tahun 2021
Abstract: Program DAK Fisik Bidang Pendidikan merupakan bagian dari Transfer Daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah yang biasa disebut sebagai Dana Perimbangan. Lebak merupakan salah satu kabupaten di Banten yang menerima DAK Fisik Bidang Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan DAK dari pusat dan serapan DAK di daerah Kabupaten Lebak serta penggunaannya; mengevaluasi kondisi sarana prasarana dan tenaga pendidik pada sekolah tingkat SMP di Kabupaten Lebak; memberikan gambaran deskriptif terkait pelaksanaan DAK Fisik pada Kabupaten Lebak, Prop. Banten Menentukan strategi peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pelaksanaan Penyaluran DAK Fisik Sekolah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Desktiptif dan metode Analytical Network Process (ANP). Dimana metode Analisis Deskriptif berguna untuk memberikan gambaran seutuhnya terkait pelaksanaan DAK Fisik berdasarkan informasi yang diperoleh dari informan. Sementara metode Analytical Network Process berguna untuk menentukan masukan (feedback) atau rekomendasi yang tepat untuk menjadi alternatif penyelesaian masalah yang ada terkait pelaksanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan kelembagaan memperoleh nilai tertinggi dalam pengaruhnya menunjang peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Lebak. Implikasi kebijakan yang dapat dirumuskan dalam peningkatan mutu pendidikan melalui pelaksanaan penyaluran DAK FISIK di Sekolah SMP Kabupaten Lebak dengan merancang program-program antara lain: 1) Pengembangan kelembagaan DAPODIK yang menjadi sumber data permohonan DAK Fisik; 2) Bimbingan Tekhnis dan berkala Operator DAPODIK; 3) Program reward and punishment; 4) Pembahasan Multilateral Meeting dengan melibatkan unsur Kementeriaan Terkait. Berdasarkan analisis yang dilakukan, yang memperoleh nilai tertinggi yaitu pada verifikasi data akurat DAPODIK. Diurutan berikutnya adalah Membuat Payung Hukum Pelaksanaan Teknis DAK Fisik, Peningkatan Kualitas SDM Dinas Pendidikan Provinsi & Dinas Pendidikan Kabupaten, Peningkatan Anggaran Kelembagaan Penyaluran DAK Fisik Pendidikan verifikasi data akurat DAPODIK dan membuat payung hukum peraturan teknis DAK Fisik ini sangat penting dalam penyerapan anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan melalui pelaksanaan penyaluran DAK fisik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106355
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover483.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.