Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106175
Title: Kelayakan Kapal Kargo Yang Akan Dimodifikasi Menjadi Kapal Purse Seine
Other Titles: Feasibility of Cargo Vessels To Be Modified Into A Purse Seine Vessels
Authors: Yopi, Novita
Budhi Hascaryo, Iskandar
Sudirman, S
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Sejak tahun 2013, banyak kapal kargo yang dibangun di galangan kapal di Kabupaten Bulukumba, tidak dilanjutkan lagi pembangunannya. Hal ini dikarenakan banyak pemilik kapal kargo mengalami kebangkrutan sejak kenaikan harga bahan bakar. Dampak dari tidak dilanjutkannya pembangunana kapal kargo menyebapkan kerugian kepada pihak galangan kapal karena pihak pemesan kapal tidak melunasi biaya pembuatan kapal. Sehingga pihak galangan kapal berusaha menawarkan kapal kargo terbengkalai dimodifikasi menjadi kapal purse seine. Kapal purse seine hasil modifikasi dari kapal kargo tersebut kurang diminati oleh pengusaha perikanan. Hal ini dikarenakan pengusaha perikanan tidak memiliki keyakinan akan kemampuan kapal purse seine modifikasi. Pemilik galangan tidak memiliki informasi yang cukup dan valid untuk meyakinkan pembeli, terkait kelayakan kapal purse seine modifikasi tersebut untuk mengoperasikan alat tangkap purse seine. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi disain kapal purse seine ideal Bulukumba berdasarkan persepsi nakhoda kapal purse seine dan kapal kargo yang terbengkalai. (2) Menghitung dan membandingkan kemampuan turning ability, ketersediaan working area dan kapasitas palka pada kapal purse seine ideal dengan kapal kargo yang masih terbengkalai. (3) Menentukan kesetaraan kelayakan kapal kargo terbengkalai dengan kapal purse seine ideal berdasarkan persepsi nelayan di Kabupaten Bulukumba. Data dikumpulkan dengan metode accidental sampling dengan memilih nahkoda kapal yang dianggap handal dengan pengalaman minimal 5 tahun menjadi nahkoda kapal. Nakhoda diminta untuk menunjukkan kapal purse seine yang dianggap memiliki desain yang ideal. Kapal yang telah ditunjuk akan diamati bentuk linggi, buritan dan kasko serta diukur dimesi utama, luas working area serta volume kapal Dari hasil penelitian didapatkan kapal purse seine ideal yang dipilih oleh para nelayan memiliki bentuk linggi lunas RBT, bentuk linggi buritan cruise, bentuk kasko melintang round bottom dan bentuk kasko membujur transom. Kapal kargo terbengkalai memiliki manuver yang lebih baik dari pada kapal purse seine ideal namun dari segi kecepatan kapal purse seine ideal lebih baik. Kapal kargo terbengkalai dapat dijadikan kapal purse seine karena memiliki disain bentuk linggi, kasko dan luasan area terbuka pada working area sama dengan kapal purse seine ideal.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106175
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pernyataan, Abstrak, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover3.17 MBAdobe PDFView/Open
C451170071_Sudirman S.pdf
  Restricted Access
Fullteks10.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.