Kelayakan Kapal Kargo Yang Akan Dimodifikasi Menjadi Kapal Purse Seine
Abstract
Sejak tahun 2013, banyak kapal kargo yang dibangun di galangan kapal di
Kabupaten Bulukumba, tidak dilanjutkan lagi pembangunannya. Hal ini
dikarenakan banyak pemilik kapal kargo mengalami kebangkrutan sejak kenaikan
harga bahan bakar. Dampak dari tidak dilanjutkannya pembangunana kapal kargo
menyebapkan kerugian kepada pihak galangan kapal karena pihak pemesan kapal
tidak melunasi biaya pembuatan kapal. Sehingga pihak galangan kapal berusaha
menawarkan kapal kargo terbengkalai dimodifikasi menjadi kapal purse seine.
Kapal purse seine hasil modifikasi dari kapal kargo tersebut kurang diminati oleh
pengusaha perikanan. Hal ini dikarenakan pengusaha perikanan tidak memiliki
keyakinan akan kemampuan kapal purse seine modifikasi. Pemilik galangan tidak
memiliki informasi yang cukup dan valid untuk meyakinkan pembeli, terkait
kelayakan kapal purse seine modifikasi tersebut untuk mengoperasikan alat tangkap
purse seine. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi disain kapal
purse seine ideal Bulukumba berdasarkan persepsi nakhoda kapal purse seine dan
kapal kargo yang terbengkalai. (2) Menghitung dan membandingkan kemampuan
turning ability, ketersediaan working area dan kapasitas palka pada kapal purse
seine ideal dengan kapal kargo yang masih terbengkalai. (3) Menentukan
kesetaraan kelayakan kapal kargo terbengkalai dengan kapal purse seine ideal
berdasarkan persepsi nelayan di Kabupaten Bulukumba.
Data dikumpulkan dengan metode accidental sampling dengan memilih
nahkoda kapal yang dianggap handal dengan pengalaman minimal 5 tahun menjadi
nahkoda kapal. Nakhoda diminta untuk menunjukkan kapal purse seine yang
dianggap memiliki desain yang ideal. Kapal yang telah ditunjuk akan diamati
bentuk linggi, buritan dan kasko serta diukur dimesi utama, luas working area serta
volume kapal
Dari hasil penelitian didapatkan kapal purse seine ideal yang dipilih oleh
para nelayan memiliki bentuk linggi lunas RBT, bentuk linggi buritan cruise,
bentuk kasko melintang round bottom dan bentuk kasko membujur transom. Kapal
kargo terbengkalai memiliki manuver yang lebih baik dari pada kapal purse seine
ideal namun dari segi kecepatan kapal purse seine ideal lebih baik. Kapal kargo
terbengkalai dapat dijadikan kapal purse seine karena memiliki disain bentuk
linggi, kasko dan luasan area terbuka pada working area sama dengan kapal purse
seine ideal.
Collections
- MT - Fisheries [3011]