Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106086
Title: Analasisi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepemilikan Sertifikasi Halal di Bogor
Other Titles: Analysis of Factors Affecting Ownership of Halal Certification in Bogor
Authors: Wiliasih, Ranti
Amanda, Siti Utami
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Label halal pada suatu produk selain berfungsi untuk menunjukkan status kehalalan, juga merupakan salah satu upaya strategi pemasaran produk. Hingga saat ini terdapat dua jenis label halal yang beredar pada produk makanan lokal oleh UMKM, yaitu label halal MUI dan label halal yang dibuat sendiri oleh pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pilihan UMKM untuk mencantumkan label halal MUI atau halal non-MUI pada produk. Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor dengan mengambil sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan dari variabel Pengetahuan, Pendidikan, Agama Pemilik Cafe, Omzet/Pendapatan, Konsumsi Masyarakat, Laju Usaha, Skala Usaha (Mikro, kecil, menengah), Biaya, Proses Sertifikasi, Persyaratan Sertifikasi, variabel omzetlah yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemilik cafe untuk bersertifikasi halal MUI.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106086
Appears in Collections:UT - Syariah Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover402 kBAdobe PDFView/Open
H54140076_Siti Utami Amanda.pdfFullteks4.39 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdfLampiran202.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.