Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105096
Title: Analisis Isi Iklan Layanan Masyarakat Hemat Listrik pada Media Sosial YouTube.
Authors: Sumarwan, Ujang
Khairunnisa, Sabrina
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pemakaian listrik secara berlebihan dapat menyebabkan krisis energi listrik. Salah satu upaya menghindari krisis energi listrik adalah melalui pemasaran sosial dalam bentuk iklan layanan masyarakat dengan menggunakan media sosial YouTube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis iklan layanan masyarakat hemat listrik pada media sosial YouTube dengan teknik analisis isi. Penelitian eksploratori dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif ini menganalisis karakteristik, daya tarik pesan, dan evaluasi efektivitas iklan. Contoh dalam penelitian ini adalah 75 video iklan layanan masyarakat hemat listrik di media sosial YouTube yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode observasi, kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel dan Statistical Package for Social Science (SPSS) 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar iklan layanan masyarakat hemat listrik yang dianalisis belum memenuhi seluruh kriteria menurut Dewan Periklanan Amerika Serikat, cenderung menggunakan daya tarik pesan rasional, dan kurang berpotensi untuk mengubah perilaku penonton.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105096
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I20skh.pdf
  Restricted Access
24.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.