Analisis Isi Iklan Layanan Masyarakat Hemat Listrik pada Media Sosial YouTube.
Abstract
Pemakaian listrik secara berlebihan dapat menyebabkan krisis energi listrik. Salah satu upaya menghindari krisis energi listrik adalah melalui pemasaran sosial dalam bentuk iklan layanan masyarakat dengan menggunakan media sosial YouTube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis iklan layanan masyarakat hemat listrik pada media sosial YouTube dengan teknik analisis isi. Penelitian eksploratori dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif ini menganalisis karakteristik, daya tarik pesan, dan evaluasi efektivitas iklan. Contoh dalam penelitian ini adalah 75 video iklan layanan masyarakat hemat listrik di media sosial YouTube yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode observasi, kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel dan Statistical Package for Social Science (SPSS) 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar iklan layanan masyarakat hemat listrik yang dianalisis belum memenuhi seluruh kriteria menurut Dewan Periklanan Amerika Serikat, cenderung menggunakan daya tarik pesan rasional, dan kurang berpotensi untuk mengubah perilaku penonton.