Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105010
Title: Analisis Strategi Pemasaraan Pupuk NPK Non-Subsidi Pada PT Pupuk Kalimantan Timur
Authors: Siregar, Edward H.
Hudzaifah, Ahmad
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pupuk merupakan salah satu faktor produksi pertanian yang sangat penting. Jenis pupuk majemuk NPK yang dapat memenuhi seluruh hara utama yang diperlukan tanaman. Pasar Pupuk NPK terus berkembang, namun ditengah pasar yang berkembang Pemasaran pupuk NPK nonsubsidi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mengalami trend penurunan. Untuk menigkatkan kinerja pemasaran pupuk NPK nonsubsidi Pupuk Kaltim perlu strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal, memformulasikan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis lingkungan internal dan ekstenal, matriks IE dan SWOT untuk formulasi alternatif strategi, dan QSPM untuk penentuan prioritas strategi. Hasil matriks IE berada pada sel II dengan petunjuk strategi Tumbuh dan Bina (Grow and Build). Prioritas strategi berdasarkan QSPM adalah Kerjasama dalam produksi dengan pihak ketiga untuk mendekati pasar dengan nilai STAS sebesar 6.6792.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105010
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H20ahu.pdf
  Restricted Access
19.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.