Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102500
Title: Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan terhadap Tingkat Kecukupan Pasien Diet Lunak di RS Ummi Bogor
Authors: Dwiriani, Cesilia Meti
Navratilova, Hana Fitria
Rahmat, Amelia Puspitasari
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Kepuasan pasien adalah sejauh mana pasien merasa bahwa kebutuhan dan harapannya dipenuhi oleh pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan kepuasan pelayanan makanan terhadap tingkat kecukupan pasien diet lunak yang dirawat di RS Ummi Bogor. Penelitian menggunakan desain studi cross sectional melibatkan 50 subjek. Data karakteristik dan tingkat kepuasan pasien dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sekitar separuh (54%) subjek menderita PTM, hampir dua per tiga (64%) subjek berstatus gizi normal, dan memiliki tingkat kecukupan gizi yang baik. Asupan makanan subjek laki-laki lebih banyak daripada subjek perempuan. Kepuasan subjek terhadap pelayanan makanan rumah sakit sudah baik dengan rating scale 61-80 %, yang artinya puas. Variabel yang berhubungan signifikan dengan tingkat kepuasan adalah asupan karbohidrat (p=0.015) dan tingkat kecukupan lemak (p=0.046). Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan pelayanan makanan terutama pada indikator rasa, mengingat salah satu alasan subjek tidak menghabiskan makananya adalah karena rasa yang hambar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102500
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
I20apr.pdf
  Restricted Access
5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.