Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101395
Title: Evaluasi Profil Sensori Produk Kopi Instan 3 In 1 dengan Metode Emotional Sensory Mapping, Flash Profile, dan CATA (Check-All-That- Apply)
Authors: Hunaefi, Dase
Marusiva, Wicensky
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dikenal di dunia selain teh dan coklat. Di Indonesia, konsumsi kopi dalam 4 tahun terakhir terus meningkat sebesar 36 % dari tahun 2010-2014 dengan jumlah konsumsi 1.03 kg/kapita/tahun pada tahun 2014. Emosi merupakan salah satu kunci yang menentukan pemilihan konsumen terhadap suatu produk. Emosi positif mampu memberikan nilai lebih terhadap suatu produk dan sebaliknya emosi negatif dapat mengurangi nilai suatu produk. Uji deskripsi digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik sensori yang penting pada suatu produk dan memberikan informasi tentang intensitas karakteristik tersebut. Metode uji deskriptif yang dapat digunakan tanpa panelis terlatih antara lain berupa Metode Flash Profile dan CATA (Check-All-That-Apply). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu focus group discussion (FGD), pengujian tiga metode berupa Emotional Sensory Mapping, Flash Profile, dan CATA, dan analisis data dengan perangkat lunak XLSTAT. Tiga sampel kopi instan 3 in 1 yaitu good day moccacino, luwak white koffie original, dan nescafe 3 in 1 original memiliki atribut sensori yang sama pada metode flash profile dan CATA. Produk yang paling disukai dan mendekati kopi ideal menurut panelis adalah Top White Coffee dengan atribut sensori berupa rasa asam, aroma roasted, aftertaste asam, dan mouthfeel viscosity serta menghasilkan atribut emosi puas.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101395
Appears in Collections:UT - Food Science and Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F19wma.pdf
  Restricted Access
17.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.