Show simple item record

dc.contributor.authorTinaprilla, Netti
dc.date.accessioned2016-02-18T06:43:48Z
dc.date.available2016-02-18T06:43:48Z
dc.date.issued2015-02-24
dc.identifier.issn978-979-8420-17-7
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/78404
dc.description.abstractDesa Situ Udik merupakan desa terbaik kedua tingkat Provinsi Jawa Barat, namun terdapat permasalahan yaitu gagalnya penyuluh dalam memberikan kepuasan kepada petani. Penyuluh jarang melakukan kunjungan, materi penyuluhan kurang sesuai dan tingkat produktivitas pertanian yang rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut kualitas pelayanan berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja, menganalisis faktor kepuasan pelayanan dan merekomendasikan upaya peningkatan kinerja pelayanan penyuluh. Responden adalah 35 petani dari 5 kelompok tani yang terdaftar dalam RATP BP3K. Alat analisis data menggunakan metode Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil perhitungan menunjukkan atribut terpenting yaitu kunjungan penyuluh kepada kelompok tani dan atribut yang paling tidak penting yaitu chanelling kerjasama antara kelompok tani dengan pihak lain. Atribut dengan kinerja tertinggi yaitu kesigapan penyuluh menerima dan menjawab pertanyaan petani dan atribut dengan kinerja terendah yaitu dalam chanelling kerjasama antara kelompok tani dengan pihak lain. Kesenjangan antara kepentingan dan kinerja bernilai positif dengan selisih sebesar 1.23 yang berarti belum memuaskan. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kualitas kinerja penyuluh dalam memberikan kepuasan petani dimasa yang akan datang adalah materi penyuluhan yang sesuai dengan kebutuhan, penyuluh melakukan kunjungan kepada kelompok tani, penyuluh mengajarkan berbagai keterampilan usahatani, melakukan bimbingan dan penerapannya, serta kemampuan penyuluh dalam meningkatkan produktivitas, kuantitas dan kualitas komoditi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherPerhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI)id
dc.relation.ispartofseriesPROSIDING Konferensi Nasional XVII dan Kongres XVI Tahun 2014 Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia;Subtema : Perdagangan, Integrasi Ekonomi, Supply Chain Management, Penyuluhan, Komunikasi, Transfer Teknologi, dan Bioteknologi
dc.titleKEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI DESA SITU UDIK KECAMATAN CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARATid
dc.typeArticleid
dc.subject.keywordkepuasanid
dc.subject.keywordpenyuluhanid
dc.subject.keywordkepentinganid
dc.subject.keywordkinerjaid
dc.subject.keywordIPAid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Proceedings [2790]
    Proceedings of Bogor Agricultural University's seminars

Show simple item record