Model pengoptimuman dispatching bus pada transportasi perkotaan: studi kasus pada beberapa koridor transjakarta
View/ Open
Date
2014Author
Hanum, Farida
Aman, Amril
Bakhtiar, Toni
Chahyadi, Irfan
Metadata
Show full item recordAbstract
Permasalahan transportasi di Jakarta semakin kompleks. Hal ini berimplikasi akan besarnya biaya transportasi baik berupa pemborosan bahan bakar karena kemacetan, penurunan produktivitas, serta pencemaran lingkungan yang akan memengaruhi kesehatan masyarakat di masa depan. Salah satu usaha yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi hal ini ialah mengembangkan Busway System. Dengan sistem ini diharapkan intensitas lalulintas di Jakarta dapat menurun karena adanya perpindahan masyarakat dari mobil pribadi ke sistem transportasi ini. Sampai saat ini, harapan tersebut belum tercapai disebabkan oleh pelayanan Busway System yang masih belum memadai, baik dari segi kenyamanan maupun lamanya waktu tunggu. Dalam penelitian ini dibangun suatu model matematik untuk menentukan optimal dispatching busway agar dapat meminimumkan waktu tunggu penumpang serta memberikan kenyamanan bagi penumpang. Model ini diterapkan pada pengoperasian bus Transjakarta yang melibatkan Koridor 1 dan 3 dan diperoleh banyak bus minimal yang diberangkatkan di shelter awal di setiap slot waktu yang meminimumkan biaya operasional.