dc.contributor.author | Apriandini, Nur | |
dc.contributor.author | Hanum, Farida | |
dc.contributor.author | Aman, Amril | |
dc.contributor.author | Bakhtiar, Toni | |
dc.date.accessioned | 2015-10-08T03:28:10Z | |
dc.date.available | 2015-10-08T03:28:10Z | |
dc.date.issued | 2013 | |
dc.identifier.isbn | 978-602-14413-0-5 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76463 | |
dc.description.abstract | Sistem kurikulum mayor-minor yang diterapkan di perguruan tinggi memberikan keleluasaan kepada mahasiswa dalam memilih kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Namun demikian pelaksanaan sistem kurikulum mayor-minor tersebut sering tidak berjalan sesuai harapan. Mahasiswa sebagai salah satu elemen penting kurikulum masih sering mengeluhkan sistem penjadwalan mata kuliah yang tidak mendukung pemilihan mayor-minor. Penjadwalan yang tumpang-tindih memaksa mahasiswa mengganti pilihan minornya dengan supporting courses. Penelitian ini bertujuan membangun model pemrograman matematik masalah penjadwalan mata kuliah kurikulum mayorminor di perguruan tinggi. Masalah penjadwalan diformulasikan dalam bentuk pemrograman linear bilangan bulat.Model diaplikasikan dalam penjadwalan mata kuliah di Fakultas Matematika dan IPA, Institut Pertanian Bogor. | en |
dc.language.iso | id | |
dc.publisher | Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga | |
dc.subject.ddc | Penjadwalan mata kuliah | en |
dc.subject.ddc | sistem mayorminor | en |
dc.subject.ddc | pemrograman linear bilangan bulat | en |
dc.title | Penjadwalan mata kuliah sistem mayor-minor di perguruan tinggi | en |
dc.title.alternative | Seminar nasional matematika dan aplikasinya | en |
dc.title.alternative | Peran matematika dan sistem informasi sebagai basis pengembangan IPTEK di Indonesia | en |
dc.type | Article | en |