Show simple item record

dc.contributor.authorApriandini, Nur
dc.contributor.authorHanum, Farida
dc.contributor.authorAman, Amril
dc.contributor.authorBakhtiar, Toni
dc.date.accessioned2015-10-08T03:28:10Z
dc.date.available2015-10-08T03:28:10Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.isbn978-602-14413-0-5
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76463
dc.description.abstractSistem kurikulum mayor-minor yang diterapkan di perguruan tinggi memberikan keleluasaan kepada mahasiswa dalam memilih kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Namun demikian pelaksanaan sistem kurikulum mayor-minor tersebut sering tidak berjalan sesuai harapan. Mahasiswa sebagai salah satu elemen penting kurikulum masih sering mengeluhkan sistem penjadwalan mata kuliah yang tidak mendukung pemilihan mayor-minor. Penjadwalan yang tumpang-tindih memaksa mahasiswa mengganti pilihan minornya dengan supporting courses. Penelitian ini bertujuan membangun model pemrograman matematik masalah penjadwalan mata kuliah kurikulum mayorminor di perguruan tinggi. Masalah penjadwalan diformulasikan dalam bentuk pemrograman linear bilangan bulat.Model diaplikasikan dalam penjadwalan mata kuliah di Fakultas Matematika dan IPA, Institut Pertanian Bogor.en
dc.language.isoid
dc.publisherDepartemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga
dc.subject.ddcPenjadwalan mata kuliahen
dc.subject.ddcsistem mayorminoren
dc.subject.ddcpemrograman linear bilangan bulaten
dc.titlePenjadwalan mata kuliah sistem mayor-minor di perguruan tinggien
dc.title.alternativeSeminar nasional matematika dan aplikasinyaen
dc.title.alternativePeran matematika dan sistem informasi sebagai basis pengembangan IPTEK di Indonesiaen
dc.typeArticleen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record