View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      “Kakashi” klub edukasi gizibersifat holistik dan berbasis young nutrition leader untuk menuju indonesia yang lebih sehat

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (3.768Mb)
      Date
      2014
      Author
      Agustian, Arif
      Monica, Rica
      Harfika, Aviani
      Nurhalimah, Fika Rafika
      Nurhuda, Tri Fauzi
      Damanik, M Rizal M
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Masalah gizi dan kesehatan merupakan masalah yang semakin kompleks. Menurut Almatsier (2001), banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah gizi dan kesehatan seperti kemiskinan, kurangnya ketersediaan pangan, kurang baiknya kualitas lingkungan (sanitasi), kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gizi, dan kemajuan ekonomi. Data-data yang ditunjukan melalui Riset Kesehatan Dasar dan Survey Sosial Ekonomi Nasional, menunjukkan bahwa prevalensi gizi kurang dan gizi lebih pada anak sekolah dasar cenderung mengalami peningkatan. KAKASHI merupakan program dengan konsep baru yang bertujuan untuk mengarahkan anak usia sekolah dasar menjadi lebih peduli dengan gizi dan kesehatan melalui peningkatan pengetahuan dan perilaku yang lebih baik. Program ini dibangun menggunakan konsep holistic dan from child to child sebagai porosnya berada pada pembinaan anak sekolah dasar. KAKASHI merupakan klub yang mewadahi beberapa program kegiatan. Klub ini membawahi lima bidang kegiatan yaitu indoor activity, Let’s Breakfast, school health program, young farmer, dan outdoor activity. Kelima program tersebut saling berkaitan satu sama lain yang terbina secara holistik serta mampu memupuk jiwa leadership anak sejak dini. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program KAKASHI adalah melalui ceramah, pelatihan, pembimbingan, permainan, dan aplikasi langsung. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan baik dari segi pengetahuan dan perilaku dari tim KAKASHI dari 57% menjadi 83%.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73799
      Collections
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat [251]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository