Model pengayaan pembelajaran bidang ipa di sd talang, kecamatan bayat, kabupaten klaten pasca gempa bumi
Abstract
Kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong kelancaran dan peningkatan aktivitas belajar mengajar telah dilakuan di SDN Talang Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten pasca gempa di Daerah Istimewa Yogykarta. Pelaksanaan1 kegiatan didukung oleh tim yang beranggotakan 6 staf pengajar dan 2 mahasiswa IPB pada bulan Agustus 2006. Kegiatan timbang rasa yang terkemas dalam seminar sehari dan diskusi diikuti segenap anggota keluarga besar guru SDN Tanjung dan pimpinan tingkat kelurahan, berjalan dengan antusias dan hangat. Kegiatan diikuti dengan kursus pemakaian alat peraga/visualisasi materi IPA menggunakan media elektronik oleh 8 personal guru terkait selama 3 hari dan dilanjutkan secara regular oleh kelompok yang terbentuk. Pada kesempatan ini juga disampaikan 1 set komputer dengan DVD player dan printer dan 1set komputer sebagai pendamping. TV 21 inchi dilengkapi dengan VCD player juga diserahkan sebagai alat bantu visualisasi pengajaran dalam kelas. Pada akhir evaluasi dapat disampaikan bahwa 8 guru telah terampil dalam pengoperasian alat peraga dengan media elektronik. Gairah proses belajar mengajar telah terangkat kembali seiring pembangunan gedung sekolah yang runtuh. Sumbangan brupa alat peraga untuk materi IPA dapat difungsikan dengan baik dan berkesinambungan.