Ibm penerapan program pengembangan anak usia dini Holistik integratif melalui paud
View/ Open
Date
2013Author
Alfiasari
Hastuti, Dwi
Djamaludin, Moh. Djemdjem
Riyadi, Hadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengembangan program pendidikan anak usia dini holistik integratif adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna menjawab permasalahan yang ada pada anak usia dini di Indonesia. Melalui program IbM, penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) dilakukan di 7 (tujuh) PAUD di Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga Bogor, dengan jumlah cakupan siswa adalah 177 orang anak usia prasekolah. Tujuan IbM ini adalah meningkatkan pengetahuan kader Posyandu dan tutor PAUD dalam penyelenggaraan PAUD HI dan selanjutnya mampu menyelenggarakan PAUD HI melalui program terintegrasi antara pendekatan pendidikan, gizi, dan kesehatan. Aspek pendidikan dilakukan dengan menerapkan pendidikan holistik berbasis karakter dan pemantauan perkembangan anak, sementara aspek gizi dilakukan dengan menerapkan gizi untuk optimalisasi pertumbuhan anak. Aspek kesehatan dilakukan dengan pendekatan perilaku hidup bersih dan sehat untuk anak The development of Holistic Integrative of Early Childhood Education (HI-ECE) programs is one of the efforts by the government to address existing problems in early childhood in Indonesia. By IbM Program, holistic integrative of early childhood education programs were conducted at 7 (seven) kindergartens in Cikarawang Village, Dramaga Sub District, Bogor; and coverage 177 students of preschool children. The aim of IbM programs are to increase knowledge of Posyandu caderes and ECE teachers about HI-ECE so they can conduct HI-ECE through integrated program using education, nutrition, and health approach. Education aspect is conducted by character-based of holistic education approach and development minotoring. Meanwhile, nutrition aspect is conducted by nutrition for optimalizing of growth and development of preschool children. Health aspect is conducted by clean and healthy behavior for preschool children.
Collections
- Research Proceeding [307]