Pengaruh penggunaan jejaring sosial dan gaya pengasuhan orangtua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar remaja
View/ Open
Date
2014Author
Prabandari, Kinanti
Megawangi, Ratna
Yuliati, Lilik Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
KINANTI PRABANDARI. Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial dan Gaya Pengasuhan Orangtua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Remaja. Dibimbing oleh RATNA MEGAWANGI dan LILIK NOOR YULIATI. Penggunaan jejaring sosial di Indonesia terutama di kalangan remaja semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh semakin lengkap dan semakin mudahnya akses internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan jejaring sosial dan gaya pengasuhan orangtua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di dua sekolah di Kabupaten dan dua sekolah di Kota Bogor. Contoh diambil menggunakan metode proportional random sampling dengan jumlah contoh sebanyak 120 contoh. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan jejaring sosial contoh di kota lebih tinggi dibandingkan dengan contoh di kabupaten. Sebagian besar orangtua contoh baik di kabupaten maupun di kota menerapkan gaya pengasuhan otoritatif. Motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik contoh tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan untuk prestasi belajar, contoh di kota memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan contoh di kabupaten. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa gaya pengasuhan otoritatif dan durasi penggunaan jejaring sosial berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar intrinsik, sedangkan gaya pengasuhan permisif berpengaruh negatif signifikan terhadap motivasi belajar intrinsik. Gaya pengasuhan otoriter, otoritatif, dan durasi penggunaan jejaring sosial berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar ekstrinsik. Contoh di kota dan contoh yang berjenis kelamin perempuan memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan contoh di kabupaten dan contoh yang berjenis kelamin laki-laki. Gaya pengasuhan otoriter yang diterapkan oleh orangtua berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar contoh. KINANTI PRABANDARI. The Influence of Social Network Usage and Parenting Style on Adolescents’ Learning Motivation and Academic Achievement. Supervised by RATNA MEGAWANGI and LILIK NOOR YULIATI. Social network usage in Indonesia especially among adolescents is growing more rapidly. This is caused by a more sufficient and an easier internet access. This study aimed to analyze the effects of social network usage and parenting styles on adolescents’ learning motivation and their academic achievement. The population of this study was 11th grade students in four schools; two schools located in Bogor Regency and two schools in Bogor Municipality. Samples were taken using proportional random sampling, amounted to 120 samples. The results showed that the social network usage samples in the Bogor Municipality is higher than the samples in the Bogor Regency. Most of the parents in the Bogor Regency and Municipality implement an authoritative parenting style. Samples’ intrinsic motivation and extrinsic motivation are classified in the moderately category. Meanwhile academic achievement, samples in the Bogor Municipality had a better academic achievement than the samples in the Bogor Regency. Based on the regression test, authoritative parenting style and duration of social network usage have a positive effect on the samples’ intrinsic motivation, meanwhile permissive parenting style have a negative effect on the samples’ intrinsic motivation. Authoritarian parenting style, authoritative, and duration of social nettwork usage have a positive effect on the samples’ extrinsic motivation. Samples in the Bogor Municipality and the female samples had a better academic achievement than the samples in the Bogor Regency and the male samples. Authoritarian parenting style had a significant negative effect on the samples’ academic achievement.