Show simple item record

dc.contributor.authorSuharno
dc.date.accessioned2014-12-16T04:35:49Z
dc.date.available2014-12-16T04:35:49Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71554
dc.description.abstractMakalah methodologis ini menyajikan ide penggunaan kemitraan pemasaran bagi pengentasan kemiskinan nelayan. Ide lahir sebagai respons atas gejala kemiskinan nelayan yang prevalen di Indonesia. Sebagai langkah awal, diadakan penelitian yang bertujuan (1) mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi nelayan, (2) menjaring aspirasi stakeholders tentang Model kemitraan dalam rantai pasokan dan (3) merumuskan model prototype pengentasan kemiskinan berbasis kemitraan dalam rantai pasokan komoditi perikanan rakyat (SCM Model). Penelitian selama 5 bulan tahun 2009 menggunakan data primer dari 81 responden ditetapkan menggunakan stratified purposive sampling methods. Selain itu penelitian menggunakan data sekunder. Methoda pengumpulan data meliputi wawancara, FGD dan observasi. Analisis meliputi analisis pendapatan dan belanja, efisiensi rantai pasokan dan analisis kelembagaan ekonomi.Tipikal masyarakat nelayan terdiri dari anak buah kapal (ABK), nahkoda, pemilik dengan ragam pendapatan yang tajam. ABK dan pendega paling rentan terhadap resiko kemiskinan dan adanya peluang pengentasan kemiskinan melalui manajemen belanja. Ada 9 (sembilan) pelaku dan terdapat 4 (empat) pola distribusi bagi komoditi hasil tangkapan dengan efisiensi masih bisa ditingkatkan. Kemitraan perlu memasukkan Tempat Pelelangan Ikan, nelayan pemilik, bakul (pedagang besar maupun kecil), industri pengolahan, industri penyimpanan dingin, KUD Mina, dan pihak penyandang dana atau investor sebagai peserta. Model kemitraan bisa dicapai melalui revitalisasi mekanisme kerjasama yang ada, dibanding harus menciptakan model baru. Model kemitraan menyebutkan jumlah stakeholders, governance, dan mekanisme kemitraan. Sebagai langkah awal penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan penelitian uji coba dan implementasi model.en
dc.description.abstractThis article presents an idea of using marketing partnership for poverty eradication. As a first step a research was conducted (1) to describe socioeconomic conditions of the fisher community, (2) to tap stakeholder perceived need of marketing model of supply chain partnership and (3) to set up a prototype model of marketing partnership as a means of poverty eradication (SCM Model). The research used primary data (81 respondents) chosen with stratified purposive sampling methods. In addition, the research elaborated secondary data. Data collection methods includes interviews, GD and observation. Three analysis applied are income analysis, marketing efficiency, and economic institution analysis.There are three groups of fishery community: ship owners, captains, and crews with different income level and vurnerability to poverty. Crews and small ship owners are vulnerable to poverty. Spending management is an option for poverty eradication in fisher community There are 9 economic agents (income earners) and 4 distribution channels in the supply chains of fish catches. Marketing partnership model can be established by revitalising the existing one. The partnership should bring fish auction unit (TPI), fish collectors (bakul), fish processors, cold storages, fishery cooperatives, and the independent investors to be parties in the partnership. The marketing partnership model contents an arrangement of stakeholder roles, chain governance, transaction mechanism. This research look forwards to continuing steps of tryout and model implementation.en
dc.language.isoid
dc.titleKemitraan pemasaran sebagai sarana pengentasan Kemiskinan: ide, langkah dan pelaksanaan kasus di Pangkalan pendaratan ikan juwana, kabupaten pati Jawa tengahen
dc.title.alternativeProsiding Seminar Hasil-Hasil Penelitian IPB 2009en
dc.typeArticleen
dc.subject.keywordIsiensi pemasaranen
dc.subject.keywordanalisis pendapatanen
dc.subject.keywordpengentasan kemiskinanen
dc.subject.keywordkemitraan pemasaranen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record