Pengembangan model pamong belajar dalam Pembinaan industri kecil untuk meningkatkan Kesejahteraan masyarakat
View/ Open
Date
2009Author
Sarma, Ma’mun
Puspitawati, Herien
Muljono, Pudji
Bartin, Tasril
Metadata
Show full item recordAbstract
Model Pengembangan Pamong Belajar dalam Pembinaan Industri Kecil adalah sesuatu yang urgen. Hal ini penting karena permasalah kemiskinan semakin komplek dan mempunyai karakteristik tersendiri antar daeran dan antar lapisan sosial. Oleh sebab itu diperlukan pula sebuah konsep model intervensi pengentasan kemiskinan yang sesuai dengan karakteristik masalah, sasaran, fokus, dan kompetensi pelaku pembinaan sehingga model intervensi tersebut mampu membentuk sosial ekonomi masyarakat yang tangguh dan sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan karakteristik individur, diklat, pengembangan diri, lingkungan, dan kinerja Pamong Belajar dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. 2) mendeskripsikan karakteristik usaha dan persepsi pelaku industri kecil terhadap kinerja Pamong Belajar dalam kegiatan pembinaan industri kecil, dan 3) mengkaji hubungan dan pengaruh antar peubah yang diteliti. Penelitian dilakukan di Propinsi Sumatera Barat dan desain penelitian adalah survey deskriptif korelasional dengan mengambil responden secara sensus terhadap Pamong Belajar yang pernah melaksanakan satuan pendidikan nonformal di bidang usaha/pengembangan ekonomi masyarakat, dan responden dari pengelola industri kecil yang menjadi binaan Pamong Belajar tersebut. Hasil penelitian tahun pertama menunjukan: 1) Pamong Belajar sudah tergolong tua dan berpendidikan cukup, namun diklat yang diperoleh selama ini kurang memadai, dan tidak ada dukungan dari pemerintah untuk pengembangan dir dan perbaikan lingkungan kerja; 2) industri kecil yang dibina Pamong Belajar masih tergolong pemula, belum memberikan tingkat keuntungan yang memadai, namun prospek pasar sangat terbuka luas. Pelaku industri kecil juga punya persepsi bahwa Pamong Belajar jarang (kadang-kadang) melakukan analisis masalah dan kebutuhan industri kecil tetapi dapat menganalisis sumber daya dan berinteraksi sosial dengan baik; dan 3) Lingkungan Pamong Belajar merupakan satu-satunya faktor yang signifikan mempengaruhi kinerja Pamong Belajar dalam pembinaan industri kecil. A learning guardian (Pamong Belajar) model development in te supervision of home industry is important. This is important due to the poverty problems becoming more complex and the problems hasve its own characteristics among regions and social group of society. Based on this phenomenon, it is required an intervention model of povery alleviation suitable to a specific problem, targets, focus and the competency of the guardian, thus the intervention model would be able to create strong socio economics of the society and their welfare. The objectives of the research are to: 1) describe the characteristics of the learning guardian, education and training, self development, environment and the performance of learning guardian to economic empowerment;. 2) to desctibe the characteristics of home industry and the perception of home industry towards the activity of home industry; and 3) to analyze the relationship and the influence of among variables. The study was conducted in West Sumatra and the design of this research is a descriptive correlational survey. The respondent is all of the learning guardians in West Sumatra who have implemented a unit study of non fpormal education in community economic development. ,and the respondents are also hom industry under the learning guardian. The results of the first year are as follows: 1) the learning guardians are at the age of old and sufficient of educational level, but tle education and training sofar is not sufficient yet, and there is no support from the government to self development and environmental improvement; 2) the home industry that are supervised by the learning guardians in the category of the beginner, low profit but the market oprtunity is still open, and the perception of home industry toward the learning guardians is that they often analyze the problems and the needs of home industry but they are able to nalyze the resources and good interaction with home industries; and 3) the environment of the learning guardian is the only factor that is significantly affected the performance of learning guardians in the supervision of the home industries.
Collections
- Research Proceeding [307]