Show simple item record

dc.contributor.authorPurnomohadi, Eri
dc.contributor.authorSumarwan, Ujang
dc.contributor.authorSaefuddin, Asep
dc.contributor.authorYusuf, Eva Z
dc.date.accessioned2014-10-09T07:08:46Z
dc.date.available2014-10-09T07:08:46Z
dc.date.issued2012-09
dc.identifier.issn0852 - 0607
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/69839
dc.description.abstractTujuan penelitian adalah menganalisis persepsi konsumen terhadap berbagai jenis makanan ringan tradisional, pola konsumsi berbagai jenis makanan ringan tradisional, dan menganalisis faktorfaktor yang mernpengaruhi preferensi terhadap makanan ringan tradisional. Dalam studi ini diuji model Preferensi Makanan yang dikembangkan Khan (1981) yang menyatakan preferensi makanan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor pribadi, pendidikan, biologi dan psikologi, budaya, religi dan regional, ekstriksik dan instrinsik. Sementara faktor pribadi dan pendidikan saling dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi. Lokasi penelitian ini berada di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey rnelalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat (responden) yang berusia 16-60 tahun sebanyak 503 orang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap rnuka. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage random sampling. Analisis Persamaan Model Struktural atau Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk rnenguji faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsurnen terhadap rnakanan ringan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor biologi dan psikologi (meliputi indikator usia, jenis kelamin, dan pengaruh psikologi), faktor instrinsik (meliputi rasa, aroma, SEM penampilan, dan kualitas makanan), faktor pribadi (meliputi indikator selera, emosi, dan kepribadian) memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap preferensi konsumen dalam memilih dan mengonsumsi makanan ringan tradisional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor sosial ekonomi berpengaruh terhadap faktor pribadi secara signifikan sedangkan faktor pribadi berpengaruh terhadap preferensi konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa faktor sosial ekonomi berpengaruh tidak langsung terhadap preferensi konsumen melalui faktor pribadi. Demikian pula dengan faktor ektrinsik yang memiliki hubungan dengan faktor biologi dan psikologi, serta faktor intrinsik. Sedangkan faktor biologi dan psikologi, serta faktor intrinsik berpengaruh terhadap preferensi konsumen. Sehingga dapat dikatakan bahwa faktor ektrinsik berpengaruh tidak langsung terhadap preferensi konsumen melalui faktor biologi dan psikologi serta faktor intrinsik.en
dc.description.abstractThe objectives of the study were to analyze the perception, preference, and consumption pattern on traditional snack foods and to determine factors influencing consumers' preference on traditional snack foods. The study tested a model of food preferences developed by Khan (1981) which stated that food preference was a function of personal factors, economics, education, biology and psychology, extrinsic and intrinsic factors, cultural, regional and religious factors. The data were randomly selected from the Greater Jakarta (Jakarta, Bogar, Tangerang, Depok and Jakarta) in July 2011. The number of samples was 503 respondents. Structural Equation Model was employed to analyze factors influencing preferences toward traditional snack food. The results showed that personal factors, biology and psychology, and intrinsic factors had significant effects on consumer preferences toward traditional snack food. Socia economic factors had significant influence on personal factors which meant that socio ecvnomic factors had significant indirect effect on consumer preferences through their effer.-t on personal factor. Similar finding was also found in the effect of extrinsic factor which had indirecten
dc.language.isoid
dc.publisherDivisi R & D Perum BULOG
dc.relation.ispartofseries21;3
dc.subject.ddcPangan Media Komunikasi dan Informasien
dc.subject.ddcPanganen
dc.subject.ddcMedia Komunikasi dan Informasien
dc.titleAnalisis Persepsi, Perilaku Konsumsi dan Preferensi Terhadap Pangan Tradisionalen
dc.title.alternativePerception Analysis, Consrunption Behavior, and Preference Toward Traditional Fooden
dc.typeArticleen
dc.subject.keywordSEMen
dc.subject.keywordsikapen
dc.subject.keywordpreferensien
dc.subject.keywordmakanan tradisionalen
dc.subject.keywordmodel perilakuen
dc.subject.keywordperilaku konsumenen
dc.subject.keywordconsumption behavioren
dc.subject.keywordbehavior modelen
dc.subject.keywordtraditional fooden
dc.subject.keywordpreferenceen
dc.subject.keywordattitudeen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record