Show simple item record

dc.contributor.authorSuprehatin
dc.date.accessioned2010-04-21T09:55:26Z
dc.date.available2010-04-21T09:55:26Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/6068
dc.description.abstractNenas berpotensi menjadi komoditas andalan ekspor Indonesia. Pada tahun 2000-2004, produksi dan ekspor nenas segar Indonesia terus mengalami 1peningkatan, namun proporsi peningkatan diantara keduanya tidak sebanding. Dilain pihak, peran Indonesia, baik sebagai produsen maupun eksportir nenas segar di pasar internasional masih kecil. Penelitian bertujuan untuk mengetahui daya saing ekspor nenas segar Indonesia berdasarkan pangsa pasar dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data sekunder terdiri dari data time series dan data cross section serta dianalisis dengan metode regresi data panel. Daya saing ekspor nenas segar Indonesia berdasarkan pangsa pasarnya relatif masih kecil dibandingkan produsen dan eksportir nenas segar lainnya. Tren pangsa pasar ekspor nenas segar Indonesia juga menunjukkan kecenderungan menurun. Berdasarkan estimasi dengan regresi data panel, faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor nenas segar Indonesia adalah volume ekspor nenas segar Indonesia, GDP per kapita negara pengimpor dan produksi nenas segar dalam negeri. Peningkatan volume ekspor nenas segar Indonesia dan produksi dalam negeri akan meningkatkan pangsa pasar ekspor nenas segar Indonesia, sedangkan peningkatan GDP per kapita negara mengimpor akan menurunkan pangsa pasar ekspor nenas segar Indonesia.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subjectNenasid
dc.titleAnalisis daya saing ekspor nenas segar Indonesiaid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record