Show simple item record

dc.contributor.authorDefina
dc.contributor.authorKrishnawati, Henny
dc.contributor.authorWahyuni, Endang Sri
dc.contributor.authorKrishandini
dc.contributor.authorAnsori, Mukhlas
dc.date.accessioned2012-12-07T03:14:28Z
dc.date.available2012-12-07T03:14:28Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58757
dc.description.abstractMahasiswa memiliki kemampuan menulis gagsan dalam bahasa Indonesia, tetapi banyak yang menulis tidak sesuai dengan aturan. untuk itu,ada empat tujuan penelitian, yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan teori bahasa baku bahasa Indonesia dalam proses penulisan skripsi mahasiswa; 2) menganalisis kesalahan materi yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa; 3) menganalisis penyebab terjadinya kesalahan penerapan bahasa tulis; 4) menganalisis materi yang perlu mendapat penekanan dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Secara umum mahasiswa IPB menyatakan bahwa mereka tidak mengalami kesulitan dalam pemakaian tata bahasa baku bahasa Indonesia saat menyusun skripsi, tetapi dilihat per materi, ternyata berbeda-beda. Kesalahan paling banyak adalah penyusunan kalimat, paragraf dan pengutipan. Penyebab terjadinya kesalahan itu ada lima, yaitu 1) tidak menggunakan buku-buku pedoman dalam penulisan karya ilmiah; 2) kurang membaca dan memiliki literatur, 3) kurang latihan 4) lebih banyak berbicara; 5) faktor kelelahan. materi yang perlu penekanan dan pendalaman berdasarkan hasil wawancara dengan responden berbeda-beda. kesimpulan adalah mahasiswa mengalami kendala yangberbeda-beda dari segi bahasa.en
dc.publisherBogor Agriculture University (IPB)
dc.subjectSkripsien
dc.subjecttata bahasan baku bahasa indonesiaen
dc.subjectpenerapanen
dc.subjectkendalaen
dc.subjectpenekanan materien
dc.titleProblematika mahasiswa IPB dalam menulis skripsi: Ditinjau dari sudut pandang kebahasaanen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record