Sikap dan motivasi mahasiswa ipb program pascasarjana terhadap bahasa inggris
Abstract
Fokus penelitian ini adalah sikap dan motivasi mahasiswa terhadap bahasa Inggris. Tujuan 1penelitian ini adalah menentukan masing-masing hubungan antara komponen-komponen sikap dan motivasi pada mahasiswa dengan nilai Toefl <399, 400-449, dan >450 dan menentukan hubungan antara sikap mahasiswa terhadap motivasi mereka pada bahasa Inggris. Data diperoleh dari kuesioner sikap dan motivasi mahasiswa pada tiga (3) kelompok tersebut di atas, juga dari kuesioner tentang diri responden dan perkuliahan bahasa Inggris. Data tentang diri responden dan perkuliahan yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan persentase untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang diri responden dan perkuliahan yang mereka harapkan. Data sikap dan motivasi juga di analisis secara kuantitatif dengan analisis statistik menggunakan korelasi Spearman untuk memperoleh deskripsi korelasi sikap dengan motivasi mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan deskripsi tujuh hubungan komponen-komponen sikap dan motivasi pada seluruh mahasiswa, tiga hubungan komponen-komponen sikap dan motivasi pada kelompok mahasiswa dengan nilai Toefl <399, tiga hubungan komponen-komponen sikap dan motivasi pada kelompok mahasiswa dengan nilai Toefl antara 400 – 449, dan dua hubungan komponen-komponen sikap dan motivasi pada kelompok mahasiswa dengan nilai Toefl >450. Hasil lain yang diperoleh dari penelitian ini adalah materi perkuliahan, metode pengajaran, kemampuan bahasa Inggris, penggunaan bahasa pengantar perkuliahan dan besar kelas yang diharapkan oleh mahasiswa.