Jaringan kemitraan antara sekolah sekitar hutan dengan para pihak dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup
Date
2009Author
Muntasib, E.K.S. Harini
Masy'ud, Burhanuddin
Hermawan, Rachmad
Rushayati, S.B.
Rachmawati, Eva
Meilani, Resti
Yudiarti, Yun
Rahayuningsih, Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan secara terus menerus, berulangulang untuk merubah suatu kondisi tertentu menuju kondisi yang lebih baik, sesuai yang diharapkan. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) pada dasarnya bertujuan untuk membentuk kelompok masyarakat yang memiliki Kesadaran, pengefahuon, ketrampilan dan kepedulian yang tinggi untuk ikut serta dalam usaha memecahkan permasalahan lingkungan dan mencegah timbulnya permasalahan baru. Untuk melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup ternyata tidak akan berhasil bila hanya bekerja sendirian, tetapi harus bekerjasama dengan para pihak untuk menerapkan Pendidikan Lingkungan itu dalam kehidupan. Sekolah yang menerapkan PLH tetapi tidak didukung oleh masyarakat, karena masyarakat masih tidak peduli dengan lingkungan, tentu saja PLH hanya menjadi Teori saja. Atau Kepala sekolah dan Guru masih mempunyai persepsi yang berbeda tentang PLH moka biasanya akan terjadi kendala dalam pelaksanaan di sekolah. Fakultas Kehutanan IPB bekerjasama dengan para pihak sudah melakukan penelitian dan pengembangan Pendidikan Hutan dan Lingkungan sebagai materi pendidikan SO dan SMP dalam rangka pengembangan fungsi dan tanggung jawab sosial pengelolaan hutan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap hutan dan lingkungan. Rangkaian kerjasama tersebut telah menghasilkan berbagai produk kegiatan. Keseluruhan produk kegiatan tersebut pada dasarnya merupakan selah satu bentuk kontribusi nyata Fakultas Kehutanan IPB untuk ikut mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup pada umumnya dan Pendidikan Hutan dan Lingkungan pada khususnya.
Collections
- Proceedings [2790]