Show simple item record

dc.contributor.authorWasito
dc.date.accessioned2010-12-17T02:50:03Z
dc.date.available2010-12-17T02:50:03Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/42202
dc.description.abstractNilai tambah hasil pertanian akan diperoleh keluarga petani apabila dilakukan pengolahan pasca panen yang layak secara teknis, ekonomis, sosial budaya, dan memiliki prospek pasar yang kompetitif dengan kemasan yang menarik. Dodol, jenang, rengginang, wajik bandung dari ketan, sale dan kripik pisang, keripik ubi, emping, dan rempeyek hasil olahan secara sederhana. Untuk mengetahui peran pusat pemasaran pedesaan (PPP) dalam pengembangan produk, kami melakukan survei pada April - Mei 2005 di sentra usaha, pedagang dan jaringannya, serta PPP di daerah Perbaungan (Kabupaten Serdang Bedagai) dan Tanjung Pura (Kabupaten Langkat), Propinsi Sumatera Utara, dengan melakukan wawancara partisipatif dan pengamatan lapangan. Hasil kajian menunjukkan pemasaran produk di Perbaungan (15%) dan Tanjung Pura (40%) dilakukan langsung oleh keluarga; 85% dan 60% secara tifiak langsung oleh pedagang ke PPP, toko di kota, atau antar kota kecarnatan, kabupaten, dan propinsi. Sentra usaha pengolahan dan pedagang di Perbaungan ( 50% dan 80% ) dan Tanjung Pura (70% dan 80%) terletak disekitar PPP. Produk olahan berbahan baku pisang, atau ubi awalnya didominasi etnis Jawa, dodol oleh etnis Melayu. Eksistensi keberadaan PPP dipengaruhi letak PPP yang strategis, di tepi jalan jalur pusat pemasaran, jalur lintas Sumatera, atau jalur daerah pariwisata. Krisis ekonomi berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah pengusaha dan pedagang, tetapi kurang berpengaruh nyata terhadap kondisi, atau suasana PPP. Hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Tahun Baru, Imlek, hari libur, labelitas (izin dan keamanan produk), atau kondisi darurat suatu daerah ke arah PPP, berpengaruhi nyata terhadap jumlah pesanan, atau pangsa pasar produk, dan terhadap kondisi, atau suasana PPP.PPP sebagai salah satu alternatif jaringan, berperanan nyata dala~n pengembangan usaha, dan penyerapan tenaga kerja.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titlePeran Pusat Pemasaran Pedesan dalam Pengambangan Usaha Produk Olahan Pertanian di Perbaungan dan Tanjung Pura Sumatera Utaraid
dc.title.alternativeProsiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pascapanen untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanianid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Proceedings [2790]
    Proceedings of Bogor Agricultural University's seminars

Show simple item record