Sekolah Alam sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan dalam Rangka Mengatasi Krisi Ekologi (Studi KAsus School of Universe, Parung, Bogor)
Date
2008Author
Syarifuddin, Hidayat
Amalia, Firina
Khairunnisa N.
Lusiana Putri R.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini menekankan kepada hubmgan antara krisis ekologi dengan pendidikan lingkungan yang ada di dolorn sekolah alam dm penerapan kurikulum sekolah alnm ymg di ddamnya menggunab pendidih lingkungan yang terhtegrasi. Pengumpuim &a dilahkm dengan metode wawrmcm4 observasi dm studi literafur. Wawancara dm observasi dilakukm di di School of Universe, Paning, B o p . Hasil penelitian memmjukkan bahwa Sekolah dam &ah sekolah dengan konsep pendidikon berbasis alum semesta. Sekolah olmn memiliki empar pilar proses pembelajaran mtara Iain akhlak logic science, kepemimpinan, a h kewirwahan. Dalm proses pembelajmnnya sekolah dam telah menerapkan empat prinsip ekologi, yaitu holistik keberlanjutan, keanekaragamun, ahn keseimbangan . Penerapan sistem pembelajaran ymg meintegrasikan prinsip ekologi di sekolah a h membentuk genermi muda yang berakhlak mulia dan memiliki kepedulian lingkrmgan yang besar. Hal ini a h menimbulh suatu kesadaran lingkungan yang akan dapat menyelesaikan masalah krisis ekologi