Game Interaktif dan Animasi Audiovisual untuk Anak sebagai Media "Marine Education" Konservasi Terumbu Karang
Date
2008Author
Randy, Amal Fatullah
Perdana Karim P.
Janiariska, Dini
Afriansyah, Ardhi
Muhammad Farhad I.
Metadata
Show full item recordAbstract
Laut dan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya merupakan suatu anugerah terbesar bagi rakyat Indonesia yang hams dijaga dan dilestarikan. Kerusakan terumbu karang, aktifitas penangkapan sumber daya perikanan yang tidak ramah lingkungan dengan menggunakan bahan peledak dan eksploitasi terumbu karang untuk kepentingan ekonomis lainnya dapat mengancam keutuhan ekosistem terumbu karang di Indonesia. Pennasalahan di atas disebabkan oleh kurangnya pengetahuan melalui pendidikan kelautan dan jiwa cinta bahari di kalangan masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang dapat memberikan kontribusi penuh dalam rangka konservasi dan pengelolaan terumbu karang yang ada di wilayah perairan Indonesia. Tujuan dari program ini adalah membuat suatu desain program pengembangan marine education yang kreatif, interaktif dan inovatif dalam mengembangkan pendidikan kelautan dan jiwa bahari masyarakat Indonesia. Penyampaian informasi digital berbasis flash merupakan solusi praktis untuk menjawab pentingnya pendidikan kelautan di Indonesia. Penyampaian informasi digital berbasis flash juga membantu kejelasan dalam penyampaian, kreatif dalam penyajian dan inovatif dalam pemasaran.