View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Artikel Ilmiah
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Artikel Ilmiah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Agrohomeschooling sebagai metode pembelajaran alternatif guna meningkatkan mutu pendidikan

      Thumbnail
      View/Open
      Artikel Ilmiah (2.642Mb)
      Artikel Ilmiah (52.5Kb)
      Artikel Ilmiah (62.51Kb)
      Artikel Ilmiah (206Kb)
      Artikel Ilmiah (379.0Kb)
      Date
      2009
      Author
      Seftiana, Lizna
      Mardhiyah, Yusda
      Isanda, Virgitha
      Reza, M.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Metode homeschooling merupakan alternatif metode pembelajaran yang muncul di tengah keadaan saat ini dimana penerapan standar dalam kurikulum pendidikan masih menuai banyak kontroversi di masyarakat. Kurikulum singkat, padat berulang SD, SMP dan SMA, lebih terasa bersifat indoktrinasi dibandingkan analisis dan pemahaman. Banyak orang tua yang merasakan bahwa suasana pembelajaran di banyak sekolah sering kali kurang mengedepankan kepentingan terbaik dan minat bagi anak. Akibat yang ditimbulkan cukup serius. Banyak anak yang mengalami stres dan kehilangan kreativitas ilmiahnya. Selain itu, saat ini kecintaan anak-anak akan pertanian semakin berkurang akibat kurangnya informasi dunia pertanian yang disampaikan kepada mereka apalagi dalam hal praktik. Homeschooling berbasis pertanian yang dikenal dengan Agrohomeschooling merupakan metode pembelajaran yang diterapkan pada anak rentang umur tujuh sampai sembilan tahun. Metode ini bertujuan agar anak mampu mengembangkan potensinya tanpa harus merasa jenuh. Pada metode pembelajaran ini digunakan metode yang mampu menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan agar anak tidak cepat bosan untuk belajar. Dalam metode ini diterapkan sistem pembelajaran yang kembali ke alam. Sehingga dapat menumbuhkan pula kecintaan anak pada lingkungan khususnya pertanian. Metode homeschooling berbasis pertanian dapat diterapkan sebagai alternatif metode pendidikan guna pengembangan potensi dan kreativitas anak baik akademis maupun non akademis serta dapat menumbuhkan kecintaan anak akan pertanian.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/20197
      Collections
      • PKM - Artikel Ilmiah [220]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository