Show simple item record

dc.contributor.authorTria, Edo Natunas
dc.contributor.authorDalimunthe, Muhammad Adam
dc.contributor.authorSanjaya, Irvan
dc.contributor.authorDwintasari, Veni
dc.contributor.authorSakinah, Rininda Yuliana
dc.date.accessioned2010-05-12T04:35:46Z
dc.date.available2010-05-12T04:35:46Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/20081
dc.description.abstractKota Bogor yang menjadi salah satu sentra industri tas di Indonesia mendorong munculnya inovasi dan kreasi dalam usaha tas. Hal ini yang menjadi salah satu latar belakang dibangunnya usaha tas serut dua sisi dengan pesan cinta lingkungan disetiap produknya. Pemilihan tema cinta lingkungan ini dilatarbelakangi rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Secara spesifik komoditas dalam bisnis ini adalah tas serut dua sisi. Tas ini terbuat dari dua lapis bahan, yaitu kain katun dan kain blacu sehingga memiliki kualitas yang baik. Keistimewaan tas ini adalah terdapatnya dua model dalam satu tas. Model pertama ialah tas serut yang disandang dengan bahan kain motif. Namun ketika tas serut tersebut dibalik dengan bagian luar menjadi sisi dalam, maka bagian dalam sebelumnya akan menjadi sisi luar, yaitu tas selempang dengan bahan kain blacu yang diberi sablon berisi pesan cinta lingkungan yang menjadi model kedua tas serut. Usaha tas ini bertujuan untuk menambah variasi tas, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, serta membuka peluang kerja bagi masyarakat dalam peningkatan jiwa kewirausahaan. Produksi tas dilakukan melalui kerja sama dengan pihak kedua, yaitu perusahaan konveksi. Proses produksi ini dilakukan oleh karyawan perusahaan konveksi. Sementara itu metode pemasaran yang menjadi andalan dari usaha ini adalah promosi secara Word of Mouth (WOM) dan Direct Selling. Selama ini tanggapan pasar cukup positif yang tercermin dari perolehan laba bersih hingga mencapai Rp 1.728.500,00 pada tiga bulan pertama usaha (tujuh kali masa produksi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bisnis tas serut dua sisi dengan brand “BG” ini merupakan usaha yang menjanjikan.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleTas serut dua sisi sebagai tren baru yang ekonomis sekaligus media kampanye cinta lingkunganid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record