Perluasan dan Penguatan SLP Melalui Pendampingan Pesantren
SLP 2023/2024
View/ Open
Date
2024Author
Rimbawan
Nurdiani, Reisi
Hustina, Purnawati
Ningrum, Suci Tirta
Metadata
Show full item recordAbstract
School Lunch Program (SLP) dikembangkan
untuk menjadi salah satu cara mengatasi
masalah gizi pada remaja. Program ini telah
terbukti memberikan dampak yang signifikan
terhadap perbaikan status gizi anak sekolah dan
remaja adalah melalui School Lunch Program
(SLP), program edukasi gizi dan pendampingan
pelaksanaan penyelenggaraan makanan di
Pesantren. SLP, program kerjasama yang
diinisasi oleh Departemen Gizi Masyarakat,
FEMA, IPB University bekerja sama dengan PT
Ajinomoto Indonesia.
Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan SLP
di dua pesantren tersebut memberikan bukti
bahwa SLP berkontribusi positif pada
peningkatan asupan nutrisi, perbaikan kebiasaan
makan, dan penurunan prevalensi anemia dan
obesitas di anak usia sekolah dan remaja. oleh
karena itu penyebarluasan program SLP
memerlukan strategi yang tepat agar para
pesantren lainnya berminat untuk menerapkan
SLP secara mandiri.
Pada tahun 2021-2023, pendampingan SLP
telah dilakukan terhadap 18 pesantren di provinsi
Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur. Hasil
pelaksanaan kegiatan tersebut diperoleh bahwa
pesantren mendapatkan manfaat yang positif dari
pendampingan SLP dengan hasil yang beragam.
Untuk memperluas cakupan SLP yang dilakukan
secara mandiri oleh pesantren, diperlukan upaya
pendampingan yang komprehensif untuk
mempersiapkan para pesantren dalam
pelaksanaan SLP dengan lebih optimal. Maka
dari itu pendampingan SLP dilanjutkan pada
tahun 2023-2024, dengan memperluas
pencapaian 12 pesanten yang ikut menjadi
peserta SLP. Pesantren tersebut berasal dari
berbagai daerah di Banten dan Jawa Barat yang
memiliki karakteristik sangat beragam.
Keberhasilan SLP sangat dipengaruhi oleh
komitmen pimpinan pesantren dan sumberdaya
yang dimiliki. SLP memberikan dampak dan
manfaat yang positif bagi pesantren, terlepas dari
berbagai kendala yang dialami oleh setiap
pesantren. ...