Analisis Peranan Peta Kelas Kemampuan Lahan Skala Semidetil Dalam Pengalokasian Ruang Kabupaten Pandeglang Dan Kota Serang
(Analysis Of Land Capability Map Semidetil Scale For Spatial Alocation District And City In Regional Planning)
dc.contributor.author | Iswati, Asdar | |
dc.date.accessioned | 2024-01-02T03:34:57Z | |
dc.date.available | 2024-01-02T03:34:57Z | |
dc.date.issued | 2023-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133477 | |
dc.description.abstract | Pengalokasian ruang di dalam penyusunan rencana tata ruang wilayah Kabupaten/Kota /Provinsi berpedoman pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 20/PRT/M/2007 tentang teknik analisis aspek fisik dan lingkungan, ekonomi serta sosial budaya. Teknik analisis aspek fisik dan lingkungan yang sesuai dengan pedoman sangat rumit, sehinga mahal.Tujuan penelitian menganalisis peranan peta kelas kemampuan lahan skala semidetil dalam pengalokasian ruang wilayah Kabupaten dan Kota. Lokasi penelitian di Provinsi Banten yang meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon. Metode penelitian: (1) memetakan satuan lahan semidetil berdasakan sistem lahan dan kelas kemiringan lerengnya, (2) Satuan lahan tersebut digunakan sebagai satuan peta evaluasi kemampuan lahan,(3) Peta kelas kemampuan lahan yang dihasilan digunakan untuk menguji apakah pengalokasian ruang sudah sesuai dengan potensi lahannya. Rata- rata keselarasan pengalokasian ruang dengan kelas kemampuan lahan skala semidetil 99, 3%, sedangkan dengan kelas kemampuan lahan skala tinjau 50,5%. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.title | Analisis Peranan Peta Kelas Kemampuan Lahan Skala Semidetil Dalam Pengalokasian Ruang Kabupaten Pandeglang Dan Kota Serang | id |
dc.title | (Analysis Of Land Capability Map Semidetil Scale For Spatial Alocation District And City In Regional Planning) | |
dc.type | Article | id |
dc.subject.keyword | informasi | id |
dc.subject.keyword | kawasan | id |
dc.subject.keyword | sifat morfologi lahan | id |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Diploma Programme [71]