Pendidikan Gizi Menggunakan Media Permainan Kwartet terhadap Pengetahuan dan Praktik Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Intervensi gizi menggunakan media kepada siswa sekolah dasar dapat lebih mudah dan lebih cepat diterima dengan perasaan senang serta dapat diterapkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan kwartet terhadap pengetahuan dan praktik gizi seimbang. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental study dengan one group pre test-post test yang dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2019 di SDN 1 Kayumanis, Kota Bogor. Subjek merupakan siswa kelas 5 dengan jumlah 75 orang. Strategi intervensi yaitu wawancara FFQ sebelum intervensi, pre test, intervensi, post test 1, post test 2 satu bulan setelah intervensi, dan wawancara FFQ setelah intervensi. Skor pengetahuan dan praktik gizi meningkat pada post test 1 dan post test 2, tetapi masih berada dalam kategori yang sama yaitu sedang. Perbedaan pengetahuan gizi sebelum dan setelah intervensi sangat signifikan (p=0.000). Perbedaan praktik gizi sebelum dan setelah intervensi menunjukkan hasil yang signifikan (p=0.036). Hubungan pengetahuan dan praktik gizi seimbang sebelum intervensi menunjukkan hasil yang signifikan (p=0.004), sedangkan setelah intervensi tidak signifikan (p=0.098). Hubungan pengetahuan dan praktik gizi dengan pola konsumsi sebelum dan setelah intervensi tidak signifikan (p>0.05). Media permainan kwartet dapat meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi subjek, tetapi belum mampu untuk meningkatkan konsumsi subjek pada setiap golongan makanan.
Collections
- UT - Nutrition Science [2986]