Hubungan Stunting dengan Pola Makan dan Prestasi Belajar Anak Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Balige Toba Samosir
View/ Open
Date
2019Author
Sihombing, Melda
Baliwati, Farida Yayuk
Nurdin, Muharam Naufal
Metadata
Show full item recordAbstract
Tingginya prevalensi balita stunting berdampak secara intergenerasi dan
berisiko tinggi menurunkan tingkat kecerdasan, produktivitas serta kualitas
sumber daya manusia dimasa depan. Tujuan penelitian adalah menganalisis
hubungan antara stunting dengan pola makan dan prestasi belajar anak taman
kanak-kanak (TK) di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Desain
penelitian adalah cross sectional study, dengan subjek penelitian berjumlah 86
orang yang terdiri atas 43 subjek berstatus gizi normal dan 43 berstatus gizi
stunting. Variabel yang diteliti meliputi; karakteristik anak, karakteristik keluarga,
penyakit infeksi, pola makan, status gizi dan prestasi belajar anak. Hasil uji Mann-
Whitney, menunjukkan bahwa karakteristik anak stunting dan normal berbeda
berdasarkan usia, dan karakteristik keluarga berbeda berdasarkan pendidikan
orang tua (ayah dan ibu). Penyakit infeksi yang dialami anak stunting dan normal
tidak berbeda. Pola makan berdasarkan frekuensi sarapan pagi, asupan energi dan
protein tidak berbeda pada anak stunting dan normal. Terdapat perbedaan
frekuensi konsumsi bihun, mie, tempe, buah semangka dan susu pada subjek
stunting dan normal. Hasil uji Chi-Square menunjukkan tidak terdapat hubungan
antara penyakit infeksi dan pola makan dengan stunting. Terdapat hubungan yang
signifikan antara stunting dan prestasi belajar anak TK (p<0.05), yang berarti
bahwa anak stunting cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah.
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]