Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kesadaran akan Perlindungan Konsumen Pengguna E-Commerce pada Generasi Y
View/ Open
Date
2019Author
Prastitya, Tita Ajeng
Hubeis, Musa
Widyastuti, Hardiana
Metadata
Show full item recordAbstract
E-Commerce merupakan salah satu saluran bagi konsumen untuk membeli barang atau jasa, namun faktanya barang atau jasa yang diterima konsumen tidak selalu memuaskan. Ketika tidak puas, konsumen memiliki hak menggugat. Faktanya, beberapa konsumen cenderung diam akibat kurangnya kesadaran akan adanya perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen ialah usaha-usaha yang menjamin adanya kejelasan hukum guna melindungi konsumen. Tujuan penelitian yang ini ialah menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran akan perlindungan konsumen. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan responden merupakan pengguna e-commerce pada Generasi Y dengan jumlah contoh, yakni 200 contoh. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran akan perlindungan konsumen dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan dipengaruhi oleh akses informasi. Semakin banyak informasi yang dimiliki konsumen terkait perlindungan konsumen, maka semakin baik pengetahuan konsumen akan perlindungan konsumen
Collections
- UT - Management [3354]