Faktor - Faktor yang Memengaruhi Minat Pembelian Item Virtual pada Pengguna Free to Play Game di Jabodetabek.
View/ Open
Date
2019Author
Lestari, Melyana Puji
Andrianto, Mokhamad Syaefudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Industri game memiliki pertumbuhan besar dan perlu mendapat perhatian
untuk membantu perkembangan industri ini. Dalam membuat game pengembang
game perlu mengetahui perilaku pengguna agar pengguna memiliki engagement
sehingga pengguna akan membeli konten game dan item virtual yang ada di
dalam game. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui karakteristik
responden, mengidentifikasi hubungan antara perilaku pengguna free to play
game di Jabodetabek dengan demografi dan menjelaskan faktor – faktor yang
memengaruhi minat pembelian item virtual pada pengguna free to play game di
Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui
kuesioner kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif, analisis chi square,
dan analisis PLS-SEM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan karakteristik
pengguna free to play game di Jabodetabek berdasarkan demografi didominasi
oleh pengguna berjenis kelamin laki-laki pada usia rentang 18-22 tahun. Terdapat
hubungan antara pendapatan dengan rata-rata pembelian item virtual dan jenis
kelamin dengan genre game. Faktor - faktor yang mempengaruhi minat pembelian
item virtual secara berurutan adalah habit, social influence, price value, dan
facilitating condition.
Collections
- UT - Management [3443]