Implementasi Scalable Vector Graphics (SVG) Terhadap Aplikasi e-Learning: Studi Kasus Universitas Terbuka (UT)
Abstract
Dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari Internet. Konsep pendidikan jarak jauh e-Learning mulai menjadi alternatif bagi pihak penyelenggara pendidikan. Namun lambatnya akses dan besarnya file yang harus di download menjadi salah satu kendala utama sistem e-Learning. Scalable Vector Graphics (SVG) sebuah pemrograman grafik berbasis vektor yang memiliki kemampuan menciptakan gambar dengan ukuran file relatif lebih kecil dibandingkan format raster (bitmap) tanpa mengorbankan kualitas file yang dihasilkan. Teknik pemrograman ini tidak akan menghasilkan file yang mengalami perubahan kualitas meskipun mengalami proses resizing mupun zooming. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kemampuan SVG dalam memberikan peningkatan kinerja sebuah halaman web. Terutama dari sisi kecepatan akses dan besarnya file aplikasi yang akan dihasilkan. Dari hasil komparasi dua format gambar yaitu format SVG dengan format JPG dan GIF tampak bahwa pengembangan SVG yang dilakukan dengan pemrograman manual secara langsung akan menghasilkan aplikasi yang memiliki ukuran file yang relatif lebih kecil dan kecepatan akses yang lebih tinggi.