Analisis Efektivitas Iklan melalui Instagram Bookabuku.com sebagai Perusahaan Start-up Berbasis Pendidikan
Abstract
Peningkatan penggunaan internet di Indonesia terlihat dari tingginya minat
masyarakat Indonesia dalam menggunakan media sosial dalam kehidupan seharihari
khususnya instagram. Instagram menjadi alat pemasaran iklan paling sering
digunakan oleh pelaku bisnis saat ini. Bookabuku.com merupakan salah satu startup
berbasis pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
efektivitas iklan bookabuku.com yang disajikan melalui instagram. Data yang
dibutuhkan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner secara
online, serta data sekunder berupa studi literatur. Metode analisis yang digunakan
adalah EPIC dan DRM. Analisis data pada penelitian menggunakan SPSS 20.0 dan
Microsoft Excel 2016. Menurut metode EPIC, hasil perhitungan EPIC rate
diperoleh sebesar 3.27 yang berarti iklan sudah efektif dan sudah dapat
memperkenalkan layanan bookabuku.com. Sementara dalam metode DRM , nilai
direct rating sebesar 76.3 tergolong iklan hebat yang berarti memiliki kemampuan
untuk mendapatkan perhatian, pemahaman, kognitif, afektif dan sikap untuk
menggunakan layanan bookabuku.com.
Collections
- UT - Management [3354]