Strategi Bertahan di Pasar Ceruk: Pelajaran dari Toko Produk Outdoor SBO Majalengka
View/ Open
Date
2019Author
Khotimah, Fitri Kinasih Husnul
Fahmi, Idqan
Metadata
Show full item recordAbstract
SBO merupakan toko produk outdoor pertama di Kabupaten Majalengka.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pelanggan outdoor,
mengukur kinerja bauran pemasaran SBO, serta merumuskan strategi bertahan di
pasar ceruk untuk SBO. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan survei menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84
responden yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Data dianalisis
menggunakan analisis deskriptif dan Importance Performance Analysis (IPA).
Berdasarkan hasil analisis, pelanggan SBO tersegmentasi pada satu kesamaan
perilaku. Secara keseluruhan, nilai rata-rata kinerja atribut bauran pemasaran SBO
sebesar 4.23 dengan rata-rata nilai kepentingan sebesar 4.31. Berdasarkan hasil
evaluasi diagram IPA, rancangan strategi bertahan di pasar ceruk untuk SBO
meliputi menyediakan jenis produk yang beragam dan melengkapi persediaan
produk outdoor di setiap toko SBO. Sedangkan strategi bertahan untuk menjaring
calon pelanggan potensial meliputi menyesuaikan harga dengan kualitas produk
outdoor, support events outdoor, meningkatkan kualitas layanan dan
meningkatkan kinerja tampilan fisik.
Collections
- UT - Business [314]